oleh

Lembaga Keuangan Syariah Ponpes Darul Hijrah Diresmikan

MARTAPURA, koranbanjar.net – Lembaga keuangan syariah; Bank Wakaf Mikro (BWM) Al-Hijrah di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Hijrah Putra, Cindai Alus, Martapura, Kabupaten Banjar, Jumat (1/11/19) siang, telah diresmikan Ketua Dewan Komisioner (DK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Prof. Wimboh Santoso.

Acara tersebut dihadiri oleh Gubernur Kalsel, Chief of Corporate Communication, Social Responsibility & Security PT. Astra International Tbk, dan pimpinan Ponpes Darul Hijrah dan para kyai, santri, dan tamu undangan.

Lembaga Keuangan Syariah Ponpes Darul Hijrah Diresmikan

Bank Wakaf Mikro adalah lembaga keuangan syariah yang fokus pada pengembangan usaha dan pemberdayaan masyarakat, instrumennya melalui pengelolaan simpanan, pembiayaan skala mikro, dan jasa konsultasi pengembangan usaha.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso mengatakan, hadirnya BWM ini untuk mendorong usaha ekonomi mikro rakyat yang selama ini kesulitan mendapatkan permodalan yang murah dan mudah guna membiayai usahanya.

“seperti yang kita ketahui, masyarakat mikro ini mungkin malu ke bank untuk meminjam modal usahanya atau untuk memajukan usaha mikronya. Di sinilah BWM hadir untuk memudahkan mereka. Persyaratan yang dibutuhkan hanya KTP atau KK,” jelas Wimboh Santoso.

Ia melanjutkan, Ponpes merupakan tempat yang strategis dalam menjalankan BWM, dikarenakan pondok pesantren menjadi gambaran yang sempurna dalam menjalankan kehidupan.

“BWM ini tak ada ribanya, jadi pondok pesantren sangat tepat untuk mengelola BWM ini dan di bawah pimpinan para kiyai, pastinya BWM ini akan menjadi semakin amanah,” tambahnya.

“Karena Ponpes di bawah pimpinan kiyai orangnya pasti jujur amanah, dan BWM ini akan menjadi warna bagi ponpes,” sambungnya lagi mengatakan, hadirnya BWM diharapkan menjadi warna bagi kehidupan pesantren.

Ponpes Komponen Penting

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor dalam sambutannya mengatakan, pondok pesantren merupakan salah satu komponen penting dalam memajukan negara. Ia juga menegaskan kepada pemerintahan agar juga memandang pesantren dalam pembangunan.

“Apabila Pemprov, Pemkot, Pemda fokus ke pesantren, Indonesia akan jaya,” tegas Gubernur yang sering disapa Paman Birin ini.

Selain di Ponpes Darul Hijrah, lembaga keuangan berbasis syariah BWM ini juga hadir di 55 pesantren di seluruh Indonesia, dan nantinya BWM ini akan ditambah lagi di berbagai daerah lainnya. (mj-30/dra)

Komentar

Jangan Lewatkan