Lebihi Target, Ribuan Peserta Meriahkan Kirab Obor di Kandangan

Acara kirab obor dalam rangka peringatan HUT ke-75 Proklamasi 17 Mei 1949, Sabtu (18/5/2024) malam di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan. (Sumber foto: Prokopim HSS/koranbanjar.net)

Sekitar lebih dari 1000 orang mengikuti kirab obor, Sabtu (18/5/2024) malam di seputaran Kota Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

HULU SUNGAI SELATAN, koranbanjar.net – Kirab obor digelar Dewan Harian Cabang (DHC) Badan Pembudayaan Kejuangan 45 HSS, dalam rangka peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-75 Proklamasi 17 Mei 1949.

Kegiatan diikuti seluruh tim peserta Kibar Merah Putih, pelajar, organisasi masyarakat, organisasi kepemudaan, pramuka dan lainnya.

Masing-masing membawa obor, berjalan kaki melewati Jalan Pemuda, ke Jalan Panglima Batur, Jalan Parindra, Jalan Aluh Idut, Jalan A Yani, dan kembali ke Lapangan Lambung Mangkurat.

Ketua DHC 45 HSS Syamsuri Arsyad menjelaskan, kirab obor tersebut merupakan agenda tahunan yang selalu dinantikan para organisasi dan pelajar.

Menurutnya, setiap tahun antusiasme dan jumlah peserta makin meningkat.

“Kami memperkirakan tahun ini jumlah peserta 500 orang, dan menyediakan 700 obor. Ternyata yang datang lebih dari 1000 orang,” bebernya.

Terlebih, Wakil Bupati HSS periode 2018-2023 itu mengaku senang, kostum peserta tahun ini lebih beragam dan lebih bervariasi dari sebelumnya.

Hal itu ujarnya, menjadi pengalaman bagi pihaknya untuk menggelar kegiatan lebih maksimal lagi, dan meningkatkannya ke depan.

“Mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini, menjadi bagian penting bagi kita semua, khususnya generasi muda untuk pewarisan nilai kejuangan,” ucap Syamsuri Arsyad.

Syamsuri Arsyad juga mengucapkan terima kasih, kegiatan dihadiri pihak Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal).

Sebab menurutnya, peristiwa sejarah Proklamasi 17 Mei tidak terlepas dari keterlibatan Angkatan Laut Republik Indonesia, dengan tokoh yang memimpin perjuangan di Kalimantan.

Yakni, gerilyawan Brigjen H Hasan Basry, yang memproklamirkan berdirinya pemerintahan Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan pada 17 Mei 1949 kala itu.

(dvh/rth)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *