Sejarah Kalimantan Berskala Internasional, DHC HSS Akan Peringati Peristiwa Munggu Raya

Ketua DHC 45 HSS Syamsuri Arsyad saat mengikuti upacara kirab obor peringatan HUT ke-75 Proklamasi 17 Mei 1949, Sabtu (18/5/2024) malam di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan. (Sumber foto: Prokopim HSS/koranbanjar.net)

Dewan Harian Cabang (DHC) Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Hulu Sungai Selatan (HSS), akan kembali menggelar peringatan peristiwa sejarah berskala internasional yang terjadi di Kalimantan.

HULU SUNGAI SELATAN, koranbanjar.net – Hal itu diungkapkan Ketua DHC 45 HSS Syamsuri Arsyad, usai kirab obor peringatan hari ulang tahun ke-75 Proklamasi 17 Mei 1949, Sabtu (18/5/2024) malam di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan.

“Selain peristiwa 17 Mei 1949 yang bersifat nasional, ada lagi yang bernilai internasional, yakni Peristiwa 2 September 1949. Nanti akan kita peringati juga,” ucap Syamsuri Arsyad.

Ia berharap, melalui kegiatan peringatan peristiwa-peristiwa itu, bisa mengangkat lagi sejarah-sejarah bangsa Indonesia.

Peristiwa Munggu Raya, atau Peristiwa 2 September 1949, merupakan kelanjutan dari Proklamasi 17 Mei 1949, yang menyatakan Rakyat Indonesia di Kalimantan mempermaklumkan berdirinya pemerintahan Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan.

Pihak Pemerintahan Kolonial Belanda, atau Hindia Belanda, dipaksa mengikuti perundingan, yang akhirnya dipilih lokasi di sebuah wilayah bernama Munggu Raya.

Lokasi itu sekarang ini merupakan wilayah administrasi Desa Sungai Raya Selatan, Kecamatan Sungai Raya.

Perundingan membahas tentang klaim kekuasaan wilayah, dari kedua pihak, yang akan menghasilkan perjanjian kedaulatan.

UNHCR atau Komisi Tiga Negara, hadir sebagai penengah yang dibentuk oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tanggal 26 Agustus 1947, untuk menengahi konflik antara Indonesia dan Belanda.

Anggota komisi itu terdiri Negara Amerika Serikat yang ditunjuk kedua pihak, Negara Australia yang ditunjuk pihak Indonesia, dan Negara Belgia yang ditunjuk pihak Belanda.

(dvh/rth)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *