Baznas

Lagi, 10 Rumah di Gambut Berantakan Diterjang Puting Beliung, BPBD Banjar Langsung Serahkan Bantuan  

  • Bagikan

GAMBUT – Setelah Angin Puting Beliung melanda sejumlah rumah penduduk di wilayah Kecamatan Martapura dan sekitarnya, kejadian serupa kembali terjadi menimpa 10 rumah warga di Desa Tambak Sirang, Kelurahan Gambut, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar.

Angin memporakporandakan rumah di beberapa titik,  seperti di wilayah RT 1, RT 3 dan RT 5. Tak hanya rumah warga, bangunan lain seperi mushola dan sekolah juga tak luput dari sasaran persitiwa pada Senin (19/02) itu.

Meski kejadian ini tidak memakan korban, namun menghancurkan sedikitnya 10 rumah milik warga  dan 1 di antaranya paling parah dialami rumah milik keluarga Sekertaris Desa Tambak Siranng Darat, Khairudin.

“Jadi pada saat kejadian, atap rumah tersebut tercabut dari rumahnya, dan mental ke seberang sungai,” ujar Khairudin.

Tak hanya itu, angin puting beliung itu juga mengakibatkan kerusakan jaringan listrik, namun masyarakat langsung sigap menginformasikan kepada pihak PLN hingga langsung melakukan perbaikan.

“Karena wilayah kami ini rawan bencana, jadi kami ada membangun sebuah grup sosial, untuk bantuan dan donasi, dan bahkan untuk melaporkan sesuatu yang sedang terjadi seperti yang  sekarang ini,” tutur Khairudin.

Khairudin mengatakan, setelah kejadian, instansi terkait langsung sigap mendatangi ke lokasi kejadian, seperti BPBD dan Babinsa Kodim 1006. Pihak-pihak itu langsung mendatangi lokasi kejadian yang menghancurkan rumah warga.

Sekitar pukul 19:00 wita, Plt. Kepala Dinas BPBD, Gusti Nyoman Yudiana, M.Si. bersama anggotanya langsung merapat ke tempat kejadian bencana untuk menyerahkan bantuan berupa 20 terpal, mie instan beserta air mineral.

Nyoman mengaku salut dengan aparat Desa Tambak Siran Darat, pasalnya aparat desa di sana berinisiatif membuat sebuah grup untuk penganggulangan bencana.

“Mungkin Desa Tambak Sirang Darat ini bisa dinobatkan sebagai desa  tanggap bencana,” tutupnya.(sen)

  • Bagikan