Koordinasi Layanan Kesehatan Primer Posyandu Kabupaten Tanah Bumbu

Rapat Koordinasi Program Kerja Pokjanal Posyandu Kabupaten Tanah Bumbu sebagai tonggak strategis dalam perjalanan Transformasi Layanan Kesehatan Primer,  dilaksanakan Rabu (23/8/2023) di Hotel Ebony Batulicin. (Sumber Foto: Kominfo Kabupaten Tanah Bumbu/koranbanjar.net)

Rapat Koordinasi Program Kerja Pokjanal Posyandu Kabupaten Tanah Bumbu sebagai tonggak strategis dalam perjalanan Transformasi Layanan Kesehatan Primer,  dilaksanakan Rabu (23/8/2023) di Hotel Ebony Batulicin.

TANAHBUMBU, koranbanjar.net -Rapat koordinasi dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu, Hj. Wahyu Windarti, Ketua Panitia Pelaksana Adventia, dan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu, dr. Arman Jaya Rikki.

Membahas tentang pentingnya penerapan konsep integrasi layanan primer ini.

Dalam era pelayanan kesehatan yang semakin kompleks, integrasi layanan primer menjadi suatu keharusan.

Integrasi ini memungkinkan penyediaan layanan kesehatan yang holistik dan terkoordinasi, dengan melibatkan berbagai sektor terkait.

Keberadaan Pokjanal Posyandu di Kabupaten Tanah Bumbu memiliki peran yang sangat strategis dalam mewujudkan konsep ini.

Transformasi Layanan Primer memerlukan dukungan lintas sektor dan kelembagaan yang terintegrasi dengan baik.

Oleh karena itu Rapat Koordinasi atau Sosialisasi Program Kerja Pokjanal Posyandu menjadi langkah krusial dalam mendorong perubahan ini.

Dalam paparannya, dr. Arman menjelaskan bahwa Posyandu merupakan bagian integral dari Upaya Kesehatan Masyarakat (UKBM). Ini adalah platform yang melibatkan masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan.

Tujuan utama Posyandu adalah memberdayakan masyarakat dan memudahkan akses terhadap pelayanan kesehatan dasar, terutama untuk mengurangi angka kematian ibu dan bayi.

Pokjanal Posyandu merupakan kelompok kerja yang bertugas mengkoordinasikan dan mengelola posyandu di berbagai tingkatan, mulai dari pusat hingga desa/kelurahan.

Permendagri Nomor 19 Tahun 2011 memberikan panduan mengenai integrasi layanan sosial dasar di pos pelayanan terpadu, termasuk dalam posyandu.

Jenis layanan meliputi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Bina Keluarga Balita (BKB), Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta pengembangan ekonomi masyarakat.

Selain itu Rapat Koordinasi Pokjanal Posyandu memberikan dampak positif yang signifikan. Pertemuan ini tidak hanya memfasilitasi koordinasi antarstakeholder, tetapi juga menggalang dukungan dari mitra penggerakan masyarakat.

Dengan adanya koordinasi yang kuat dan kesadaran bersama tentang pentingnya penerapan Transformasi Layanan Primer, layanan kesehatan primer di Kabupaten Tanah Bumbu akan semakin optimal.

Selanjutnya, mendukung implementasi Transformasi Layanan Primer dan penguatan peran Posyandu, Rapat Koordinasi Program Kerja Pokjanal Posyandu Kabupaten Tanah Bumbu 2023 menjadi tonggak bersejarah.

Melalui integrasi layanan primer dan kolaborasi lintas sektor, harapanya pelayanan kesehatan masyarakat dapat mencapai tingkat yang lebih baik, menyeluruh, dan berkelanjutan. (kominfotanbu/dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *