oleh

Karena Virus Corona, UN di Kabupaten Banjar Diganti US

Dikarenakan virus corona yang mewabah di Indonesia khususnya di Kabupaten Banjar, akhirnya Ujian Nasional (UN) ditiadakan dan diganti dengan Ujian Sekolah (US).

MARTAPURA, koranbanjar.net – Menurut Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Banjar Maidi Armansyah, hal itu merupakan langkah dalam mencegah penyebaran virus corona di ruang lingkup sekolah.

“Peniadaan UN dan diganti dengan US juga sesuai dengan Surat Edaran Kemendikbud Nomor 4 Tahun 2020,” jelasnya, saat dihubungi via telepon, Kamis (2/4/2020).

Untuk teknis, terang Maidi, Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan menggunakan nilai dari 5 semester terakhir sebagai nilai kelulusan.

“Selain itu nantinya juga akan ditambahkan dengan penugasan lain. Adapun nilai semester akhir akan digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan,” terang Kadisdik Banjar.

Dalam Ujian Sekolah kelulusan nantinya tetap tidak diperbolehkan menggunakan bentuk tes yang mengumpulkan siswa, karena ditakutkan menyebarnya virus.

“Ujian Sekolah nantinya dirancang agar mendorong aktivitas belajar yang bermakna meskipun belajar di rumah,” ucap Maidi.

Dalam hal ini, Kadisdik Banjar mengatakan, besar kemungkinan mereka semua akan lulus, “Mudah-mudahan mereka semua bisa lulus dan naik kelas,” pungkasnya. (har/dya)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: