Baznas

Kantor Disdukcapil Banjar akan Dipindah ke Tempat yang Lebih Luas

  • Bagikan

MARTAPURA, koranbanjar.net – Dinas kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Banjar menggelar Rapat Koordinasi Tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan, Senin, (20/02) sore di Aula Mahligai Sultan Adam Martapura.

Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Banjar, Zainudin kepada koranbanjar.net  menyampaikan, rapat kali ini diselenggarakan dalam rangka untuk mengatasi berbagai kendala yang dihadapi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjar. Baik dalam hal pelayanan dan keterbatasan tempat,  juga sarana prasarana yang ada. Dan ini dilakukan atas arahan pimpinan agar pelayanan kepada masyarakat bisa maksimal.

“Kita hari ini melakukan rapat kooordinasi, saya mendampingi Disdukcapil dan para camat juga kepala desa. Semoga dengan adanya rapat koordinasi ini, kita semua bisa mendapat kesamaan persepsi untuk permasalahan yang sempat ramai dan dikeluhkan Apdesi,” ujarnya

Tidak hanya itu Zainudin menyampaikan, pemerintah daerah  mewacanakan untuk memindahkan kantor Disdukcapil Kabupaten Banjar ke tempat yang lebih luas, selain itu mengkaji dan mengupayakan  tentang sarana dan prasana yang memadai mengingat banyaknya alat-alat yang tidak berfungsi dan ini disesuaikan dengan keuangan daerah.

Namun, lanjutnya, tak kalah penting pertemuan ini untuk melakukan koordinasi dan sinergitas  baik berupa saran maupun petunjuk dari aparat desa. Sebaliknya setiap kendala Dukcapil terkait pelayanan harus disampaikan ke kepala desa, mengingat pentingnya peranan tugas kepala desa, agar layanan ini bisa berjalan dengan baik.

Sementara itu Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Banjar, Azwar menanggapi tentang rencana Bupati banjar untuk memindahkan gedung atau kantornya, hal tersebut lantaran banyaknya keluhan tentang pelayanan yang salah satunya akibat kecilnya kantor Disdukcapil sekarang.

“Kita lagi mencari opsi-opsi gedung yang ditawarkan oleh pimpinan, karena ada beberapa gedung yang direkomendasikan Bupati, itu kondisinya sangat tidak memungkinkan, dan mengalami rusak yang sangat parah” ujar Azwar.(sai)

 

  • Bagikan