Kampung Mantuil Banjarmasin Punya Dermaga Kelotok

Dermaga Kelotok Mantuil berbentuk Shelte Air.( foto: leon)
Dermaga Kelotok Mantuil berbentuk Shelte Air.( foto: leon)

Kampung Mantuil di Jalan Tembus Mantuil, Kelurahan Mantuil Kecamatan Banjarmasin Selatan sekarang memiliki dermaga kelotok berdesain modern berbentuk seperti halte yang diberi nama Water Shelter (Dermaga Air)

BANJARMASIN, koranbanjar.net – Shelter Air Mantuil yang baru saja diresmikan Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, Sabtu (1/01/2022) pagi tadi berada di depan Masjid Nurul Ibadah, tidak jauh dari jembatan Ekowisata Pulau Bromo.

Menurut keterangan Dewan Kelurahan Mantuil, Hamdani kepada media ini, Shelte Air ini dipergunakan untuk memudahkan masyarakat Mantuil apabila ingin menggunakan transportasi air.

“Terutama bagi warga seberang atau Pulau Bromo yang ingin sholat Jumat di Masjid Nurul Ibadah,” ujarnya.

Di samping itu lanjutnya, bagi pengunjung wisata Jembatan Pulau Bromo yang ingin berwisata susur sungai dapat menaiki kelotok dari dermaga itu.

“Dapat juga digunakan untuk menurunkan atau menaikan penumpang, namun bukan barang,” terangnya.

Pintu gerbang dermaga kelotok di Mantuil Banjarmasin.
Pintu gerbang dermaga kelotok di Mantuil Banjarmasin.

Shelter Air mantuil dibangun bulan Oktober dan selesai Desember 2021 dengan anggaran kurang lebih Rp300 juta dari Pemerintah Kota melalui Dishub Kota Banjarmasin.

Hamdani berharap dengan adanya Shelter Air ini dapat memudahkan masyarakat menyeberang dan berwisata.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemko, dengan adanya Shelter Air ini kami juga berharap roda perekonomian masyarakat sekitar meningkat, dan menambah penghasilan mereka,” ucapnya.

Sementara untuk dermaga wisata alam Kuin Kecil yang selama ini belum terbangun menurut keterangan Ketua RT 14, Ipansyah, bulan Maret 2022 mendatang,  fasilitas itu mulai dikerjakan juga berbentuk halte.

“Kata Pak Walikota, sabar dulu kita baru tutup anggaran 2021, nanti bulan Maret tahun depan insya Allah akan dibangun, itu kata Pak Wali tadi,” ucap Ipan atau biasa dipanggil Oyok.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Kota Banjarmasin, Ikhsan Alhaque juga mengatakan, pembangunan dermaga Wisata Alam Kuin Kecil mulai dikerjakan tahun 2022 oleh Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin.(yon/sir)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.