Kadisdik Batola; Sekolah yang Tidak Mengisi Dapodik, Tidak Tersentuh Program Kemendikbud  

  • Bagikan
Kadisdik Batola. (foto: faqih)
Kadisdik Batola. (foto: faqih)

Dapodik (Data Pokok Pendidikan) menghimpun data terkait sarana prasarana sekolah dan siswa-siswi, termasuk sebagai dasar pemberian segala jenis tunjangan, seperti tunjangan profesi, tunjangan fungsional, dan tunjangan khusus maupun dana BOS.

MARABAHAN, koranbanjar.net – Jenjang pendidikan yang harus didata melalui Dapodik, antara lain PAUD, TK, SD, SMP, SMA atau sederajat.

Apabila ada salah jenjang pendidikan yang tidak mengisi Dapodik, maka sekolah akan rugi karena data milik mereka tidak akan sampai ke Kemendikbud. Sekolah tersebut otomatis tidak akan tersentuh program-program Kemendikbud.

BACA:  Sadis! Daeng Tewas setelah Dihujani dengan Berbagai Sajam

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Batola,  H. Sumarji S, Pd M, Ap kepada koranbanjar.net, Rabu (08/09/2021). “Apabila ada suatu sekolah yang tidak mengisi data pokok pendidik, maka sekolah akan rugi dan juga kami tidak bisa mengawasi suatu sekolah, apakah sekolah itu mendapat bantuan cukup dan sarana prasarana yang cukup juga,” katanya.

Kriteria agar mendapatkan bantuan pembangunan, lanjut dia, tentunya dengan data pokok pendidik yang lengkap dan memiliki sarana dan prasana yang ada, dengan begitu akan dipastikan mendapatkan bantuan.

BACA:  Nasib Pengelola Warung Makan di Tengah PPKM Batola, Jualan Sepi, Bantuan Tidak Ada

“Kriteria utama Dinas Pendidikan agar sekolah mendapatkan bantuan pembangunan dan AP (Alat Permainan) diawali dengan dasar sudah mengisi data Dapodik dan memiliki sarana dan prasarana ,” ucapnya.

Tentu pihaknya tidak sembarang memberikan bantuan, tetapi akan melihat terlebih dulu ke lapangan, apakah sekolah layak mendapatkan bantuan atau tiidak. “Misalkan di salah satu sekolah menginginkan bantuan, kami memprioritaskan sekolah yang sangat membutuhkan, apabila ada satu sekolah yang memiliki sedikit muridnya tentu akan susah untk mendapat bantuan ini,” pungkasnya.(mj-39/sir)

BACA:  Ada Solusi di Jamkrida bagi UMKM yang belum Penuh Syarat

 

(Visited 200 times, 1 visits today)
  • Bagikan
(Visited 200 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *