Baznas

Bawaslu Kalsel Launching Kader Pelopor Desa Demokrasi

  • Bagikan
Bawaslu Kalsel launching kader pelopor demokrasi.
Bawaslu Kalsel launching kader pelopor demokrasi.

Untuk memberikan pendidikan politik bagi masyarakat, terutama di wilayah desa, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Selatan sedang melaunching Kader Pelopor Demokrasi Desa Partisipatif di Desa Suput Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong, Senin (07/09/21).

BANJARMASIN, koranbanjar.net – Kepala Sekretariat (Kasek) Bawaslu Kalsel, Teuku Dasya Putra Kusuma mengatakan, Kader Pelopor Demokrasi partisipatif adalah proyek perubahan yang digagas.

Menurut Dasya, sapaan akrabnya, pelopor demokrasi ini diciptakan dengan melibatkan peran serta masyarakat seluas-luasnya. Mereka ditempatkan sebagai pelopor demokrasi bagi komunitas di sekitar tempat tinggal mereka.

BACA:  H-2 PSU Pilgub Kalsel, Zairullah Minta Doakan Ulama Martapura Agar Damai

“Pelopor demokrasi ini diharapkan akan menjadi mitra penyelenggara dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan politik bagi pemilih mulai dari tingkat nasional, provinsi, kabupaten kota hingga desa,” terangnya.

Putra Aceh ini juga menjelaskan bahwa, pelopor demokrasi dibentuk untuk memberikan pendidikan politik terhadap kelompok masyarakat yang berasal dari 5 (lima) basis pemilih strategis yaitu pemilih keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan , dan pemilih penyandang disabilitas.

Launching
Launching

“Melalui pelopor demokrasi lima basis pemilih strategis ini didorong kesadarannya untuk terlibat aktif dalam pengawasan,” harapnya.

BACA:  Selidiki Banjir, Fraksi Gerindra Minta segera Bentuk Pansus

Kemudian imbuhnya, dibangun kesadaran tentang arti pentingnya pemilu maupun pemilihan kepala daerah yang demokratis, jujur dan adil.

Pada kesempatan itu, Camat Haruai, Handi Yanuardi mengungkapkan program kader pelopor demokrasi ini sangatlah bermanfaat dalam mewujudkan kesadaran berdemokrasi bagi masyarakat di tingkat desa.

“Semoga dengan adanya program kader pelopor demokrasi ini menambah wawasan masyarakat kami, khususnya dalam berdemokrasi  dan menjadi inovasi bagi kemajuan demokrasi  sukses untuk bang Dasya dan rekan-rekan, ” tutup Camat.

Kegiatan ini sebagai agenda  proyek perubahan bagi para jabatan pimpinan tinggi pratama  yang sedang mengikuti pelatihan. Kemudian, pelatihan kepemimpinan tingkat II di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI) Jatinangor.

BACA:  Sengketa Pilgub Kalsel di MK, Bawaslu Berharap MK Memutuskan Seadil-adilnya

Pelopor Demokrasi merupakan gagasan gerakan sosial yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilihnya.

Turut berhadir pada acara launching tersebut, Ketua Bawaslu Kabupaten Tabalong, Hirsan didampingi Plt. Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Tabalong Rachmat Hidayat, Kepala Desa Suput beserta jajaran, tokoh masyarakat , serta tokoh pemuda.(yon/sir)

 

 

 

(Visited 45 times, 1 visits today)
  • Bagikan
(Visited 45 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *