Kombes Pol. Dr. Faizal Ramdhani, S.Sos,. S.I.K,. MH

Kadis LH Kalsel: Kurangi Plastik saat Pembagian Daging Kurban

  • Bagikan
Ilustrasi penjual besek. (Sumber foto: Suara.com)

Momen Hari Raya Iduladha identik dengan berbagi hasil potong hewan kurban. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi kalimantan Selatan (Kasel) mengingatkan kepada semua pihak, agar mengurangi plastik sebagai alat untuk membungkus daging kurban.

BANJARBARU,koranbanjar.net – Hal itu juga menindaklanjuti Surat Edaran dari Kementerian LHK RI dan Surat Ederan Gubernur Kalsel.

Kadis LH Kalsel, Hanifah Dwi Nirawan mengatakan, untuk dapat mengurangi sampah plastik bisa menggunakan bahan ramah lingkungan.

“Sudah disiapkan besek sebagai pengganti kantong plastik, untuk membungkus dagin kurban besok. Serta, membagikan bakul sebagai alternatif lainnya,” ujarnya, Senin (19/7/2021).

Sampah plastik masih menjadi persoalan lingkungan yang serius. Maka dari itu, pihaknya selalu mengedukasi masyarakat agar mengurangi plastik saat Iduladha besok.

“Kita edukasikan kepada panitia kurban untuk dapat menggunakan besek atau bahan yang ramah lingkungan, agar mengurangi sampah plastik. Ini juga butuh kesadaran masyarakat,” katanya.

Menurutnya, mengganti plastik dengan bakul berbahan purun dapat membantu perekonomian Kalsel bagi para pengrajin purun.

“Sisi lainnya, selain mengurangi sampah plastik juga membangkitkan ekonomi masyarakat,” tuturnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan menyebar Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 dalam pelaksanaan kurban nanti di setiap kabupaten/kota se-Kalsel. (maf/ykw)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *