MTQ Nasional Kalsel

Jalan Desa Sungai Kitano Rusak Parah, Begini Kata Sekretaris Desa

MARTAPURA – Sejak tahun 2000 sampai dengan sekarang, jalan di Desa Sungai Kitano Kecamatan Martapura Timur belum pernah mendapatkan perbaikan secara menyeluruh, melainkan hanya mendapat pengerasan.

Padahal jalan sepanjang kurang lebih 1 kilometer ini mehubungkan antar desa, seperti Desa Sungai Kitano, Desa Dalam Pagar dan Desa Tangkas. Masing-masing jalan desa tersebut masih terbilang baik, hanya jalan Desa Sungai Kitano yang rusak dan tidak beraspal.

Sekretaris Desa Sungai Kitano Ahmad Sanusi ditemui koranbanjar.net di kediaman menyebutkan, jalan utama desa tersebut masih belum diperbaiki sampai sekarang.

“Terakhir tahun 2000 diperbaiki. Diperbaiki paling diberi pengerasan jalan, belum ada aspal,” ujarnya Senin (25/12).

Memang ada 2 jalan untuk menuju ke Desa Sungai Kitano, akan tetapi masyarakat lebih sering menggunakan jalan umum tersebut, karena sebagai urat nadi perekoniman Sungai Kitano.

“Sebenarnya ada jalan, bahkan jalannya bagus, diperbaiki dengan menggunakan dana desa, tapi masyrakat masih banyak yang menggunakan jalan yang biasanya dilalui,” ungkapnya.

Karena itu, ia mengajukan proposal pada awal tahun 2017 lalu ke dinas terakit, untuk meminta perbaikan jalan di daerahnya.

“Sudah melapor ke dinas, ujarnya, tahun 2018 baru diperbaiki,” ucap dia.

Dia menambahkan, ia yakin tahun 2018 akan diperbaiki jalan Desa Sungai Kitano tersebut, pasalnya ia meminta jalan dipeninggian dan pengecoran untuk antisipasi apabila air dari sungai Martapura meluap pada musim hujan nanti.

“Mudah-mudahan saja benar dikerjakan, masyarakat berharap agar secepatnya diperbaiki, jadi bisa lebih nyaman untuk desa ke desa,” harapnya.(maf)