Ikafaktar89 Peduli Go Green Campus UIN Antasari Banjarmasin

Mujiburrahman Rektor UIN Banjarmasin ikut serta aksi menanam dan berbaur menjadi satu dengan Ikafaktar89. (Foto : UIN Banjarmasin)

Banyak hal yang dapat dilakukan agar bermanfaat bagi lingkungan, seperti yang dilakukan Ikatan Alumni Fakultas Tarbiyah Angkatan 89 (Ikafaktar89) UIN Antasari Banjarmasin.

BANJARBARU, koranbanjar.net – Mereka datang dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan, bahkan ada yang datang dari Kalimantan Tengah. Para alumni berkumpul melaksanakan reuni sembari menanam pohon di kampus 2 UIN Antasari Banjarmasin di Banjarbaru, Sabtu, (16/12/2023).

Berbagai jenis pohon ditanam dilingkungan kampus 2 UIN Antasari, diantaranya pohon tabibuya, angsana, dan trambesi.

Terhitung ada 51 pohon yang tanam dengan ukuran tinggi antara 2 sampai 3 meter yang disebar dihalaman rektorat, auditorium, perpustakaan, dan di Fakultas Tarbiyah.

Aksi penanaman pohon tersebut dalam rangka ikut serta mewujudkan UIN Antasari menuju Ico Green Campus, seperti diungkapkan oleh wakil ketua Ikafaktar89, Hilal Najmi.

“Reuni kali ini, kami kemas berbeda dari sebelum sebelumnya, kami berkumpul dan bersilaturrahmi sekaligus melaksanakan aksi tanam pohon dilingkungan kampus 2. Kegiatan yang kami beri nama Go Green Campus ini adalah salah satu bentuk kepedulian Ikafaktar89 terhadap kampus. Terlebih,” katanya.

“Kampus 2 UIN Antasari di Banjarbaru ini baru dua tahun dioperasionalkan dan masih membutuhkan penghijauan diberbagai sudut bangunan yang tampak kokoh dan megah,” tambahnya.

Kegiatan Go Green Campus oleh Ikafaktar89 tersebut disambut baik oleh Rektor UIN Antasari Banjarmasin, Mujiburrahman. Bahkan Rektor ikut serta aksi menanam tersebut dan berbaur menjadi satu dengan Ikafaktar89. Menurutnya, menanam pohon adalah menanam kehidupan untuk generasi mendatang.

“Saya berterima kasih dan berbangga atas perhatian, inisiatif, dan upaya para alumni membantu perkembangan kampus. Semoga menjadi amal jariah,” ucapnya.

Ikafaktar89 selalu melaksanakan reuni setiap dua tahunan bahkan punya beberapa agenda seperti ngaji bersama yang rutin dilakukan setiap bulan, melaksanakan kegiatan sosial keagamaan dan lainnya.

Aksi Penanaman Pohon oleh Ikafaktar89 Peduli Go Green Campus UIN Antasari Banjarmasin. (Foto : UIN Banjarmasin)

Reuni sambil menanam pohon tersebut telah direncanakan sejak empat bulan yang lalu, alumni yang tergabung di Ikafaktar89 mengumpulkan dana dengan cara urunan untuk pengadaan pohon yang bakal ditanam. Hal tersebut diungkapkan oleh Ruzana Fitriani, bendahara Ikafaktar89.

“Pengadaan pohon dilakukan dengan cara membeli dari dana urunan yang dikumpulkan,” terang Ruzana.

Semangat Go Green Campus nampak terlihat disetiap kelompok tanam, meski berada diterik matahari pagi, masing masing kelompok dengan gembira menancapkan setiap pohon pada lobang yang telah disiapkan dan kemudian menutupnya dengan tanah.

“Alhamdulillah, kegiatan hari ini berjalan lancar, teman teman nampak gembira karena dapat ikut ambil bagian pada acara tanam pohon di kampus tercinta,” ucap Marwian Hilmi koordinator tanam.

Hal senada juga diungkapkan oleh Wahyuddin yang datang dari Tabalong dan Suriana yang datang dari Kuala Kapuas Kalimantan Tengah.

“Semoga pohon yang kami tanam dapat tumbuh dengan subur dan bermanfaat serta menjadi kenangan dimasa depan untuk dinikmati anak dan cucu yang berkuliah di UIN Antasari,” harap Wahyuddin.

(Humas/rth)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *