oleh

Haul Datu Abulung, Ribuan Jamaah Padati Sungai Batang

MARTAPURA,KORANBANJAR.NET- Peringatan Haul Syekh Abdul Hamid Abulung, Desa Sungai Batang, Kecamatan Martapura Barat dihadiri ribuan jamaah yang datang dari berbagai daerah, Sabtu (25/08/2018) pagi di Masjid Syekh Abdul Hamid Abulung, Sungai Batang.

Warga Sungai Batang dalam mempersiapkan dan menjamu ribuan jamaah yang menghadiri haul Syekh Abdul Hamid Abulung ini telah menyediakan 4 ekor sapi untuk lauk nasi samin. Penyediaan 4 ekor sapi ini merupakan bantuan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Ketua DPRD Banjar H Rusli dan anggota DPR RI asal Golkar Hasnuryadi Sulaiman.

“Kita mengucapkan banyak terima kasih kepada warga, donatur yang telah sudi membagikan rezeki dan tenaganya agar terlaksana haul ini. Kita menyiapkan 6.000 porsi nasi samin untuk disajikan pada haul ini,” ujar Panitia Haul, Guru Sayid.

Haul
Haul

Sementara Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur mengatakan, melalui kegiatan haul ini menjadi sarana  untuk mempererat tali silaturahmi serta menjadikan para ulama sebagai teladan. Sekaligus menjaga persaudaraan, kesatuan dan persatuan.

“Semoga dengan kegiatan haul ini kita semua dapat meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT,” ujarnya.

Dia berpesan, kepada generasi sekarang hingga akan datang agar selalu menghindari narkoba dan hal negatif lain.

Diketahui jamaah yang hadir di acara haul salah satu tokoh ulama yang dikenal dengan sebutan Datu Abulung itu bukan hanya dari wilayah Kabupaten Banjar, tapi juga ada yang dari dari wilayah Kalimantan Timur.

“Saya kemarin sampai di Martapura, tujuan saya kesini ingin menghadiri haul Datu Abulung, rutin tiap tahun ke sini, kebetulan ada saudara di Martapura,” ujar warga Samarinda, M Ilham.

Acara haul itu dimulai dengan lantunan syair maulid oleh kelompok maulid di desa tersebut. Dan dihadiri habaib, Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur dan Ketua DPRD Banjar H Rusli.(sai/sir)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: