Hadiri Khataman Alquran, Saidi: Alquran Solusi Segala Permasalahan

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur mengatakan Alquran merupakan solusi bagi setiap perkara yang dihadapi seorang hamba di dunia ini. Ini diungkapkannya saat sambutan Khataman Alquran para santri TK/TPA Al-Qur’an Baburrahman Tanjung Rema, Martapura, Sabtu (27/10) lalu.

Menurutnya, selain sebuah tradisi religi, acara khataman Alquran merupakan bukti syukur kepada Allah SWT.

“Kitab suci Alquran sebagai petunjuk bagi umat Islam dan untuk menggali hikmah yang terkandung di dalamnya guna meningkatkan dan menyegarkan keimanan, ketaqwaan dan kesabaran, serta ketabahan umat manusia kepada Allah SWT dalam menghadapi segala situasi yang terjadi di dunia ini,” kata Saidi.

Khataman yang diikuti santri sebanyak 16 orang ini, ungkapnya, sebagai pondasi anak didik terhadap perda Nomor 4 Tahun 2004 tentang Khatam Al-Qur’an bagi Peserta Didik pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Hadiri Khataman Alquran, Saidi: Alquran Solusi Segala Permasalahan

Disamping sebagai kegiatan rutin untuk memenuhi tradisi keislaman, khataman Alquran juga diperingati sebagai momentum untuk memahami kitab suci Islam yang mengandung nilai ibadah yang luar biasa bagi setiap umat Islam yang membaca ayat-ayatNya, selain melaksanakan ibadah utama yaitu puasa di bulan suci Ramadhan.

Ditambahkannya, Alquran bukan hanya sebagai bacaan, akan tetapi harus lebih dikaji, dihayati dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Selaku orang tua dan guru, kita sepenuhnya menyadari bahwa banyak kendala yang dihadapi dalam mendidik dan mengarahkan anak-anak untuk mempelajari Alquran, seperti banyaknya permainan atau game dan tontonan di televisi yang kurang mendidik,” tutup Saidi. (dra)