oleh

Hadiri Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan, Kesultanan Banjar Diundang Ke Istana Negara

MARTAPURA, koranbanjar.net – Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kesultanan Banjar selalu mendapat kehormatan dari Pemerintah Republik Indonesia. Tidak terkecuali dengan tahun ini, Kesultanan Banjar kembali diundang pada Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-74 Tahun 2019, untuk menghadiri acara penting di Istana Negara di Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Kehadiran pihak Kesultanan Banjar nanti tentunya menjadi sebuah kebanggaan bagi masyarakat banua Kalimantan Selatan, karena tidak hanya langsung diundang Presiden RI, Ir Joko Widodo, tetapi juga mengikuti prosesi detik-detik proklamasi Kemerdekaan RI bersama dengan raja dan sultan se-Nusantara.

Dalam momen penting ini, Kesultanan Banjar juga diwakili dua anggota TNI dari Batalyon Infanteri (Yonif) 623 Bhakti Wira Utama Banjarbaru Kalimantan Selatan untuk melakukan pengawalan dan membawa pataka dari panji kebesaran Kesultanan Banjar pada rangkaian HUT Kemerdekaan RI ke-74 tersebut.

Dua anggota TNI dan perwakilan Kesultanan Banjar mengadakan pertemuan untuk mempersiapkan kehadiran pada undangan ke Istana Negara.
Dua anggota TNI dan perwakilan Kesultanan Banjar mengadakan pertemuan untuk mempersiapkan kehadiran pada undangan ke Istana Negara.

Dua anggota TNI ini, Selasa (7/8/2019) tadi telah bertemu perwakilan Kesultanan Banjar, Gusti Rahmat di Martapura, untuk mendiskusikan persiapan memenuhi undangan kehormatan dan kenegaraan dari pemerintah pusat. Mereka akan mengenakan baju adat Kesultanan Banjar, mengikuti setiap rangkaian dan kirab budaya nusantara mengiringi Presiden RI Jokowi yang bakal naik kereta kencana menuju tempat upacara. Tidak ada hanya itu, kehadiran Kesultanan Banjar juga turut disertai Putri Kesultanan Banjar, yakni Putri Gusti Dhia Karima. “Kesulltanan Banjar akan mempersiapkan diri untuk memenuhi undangan ini,” kata Gusti Rahmat kepada koranbanjar.net.

Sultan Banjar, H Khairul Saleh Al Muhtasim Billah ketika dihubungi koranbanjar.net membenarkan adanya undangan kehormatan dari Presiden Jokowi dalam perayaan Kemerdekaan RI ke-74. “Ini penghargaan pemerintah terhadap adat istiadat dan budaya di nusantara serta mendukung pelestarian kebudayaan kita,” kata anggota DPR RI terpilih periode 2019-2024 ini.(dya/sir)

Komentar

Berita Terkini