MTQ Nasional Kalsel

Lagi, Pelantikan Tanpa Kehadiran Bupati Dan Wabup

MARTAPURA – Sungguh ironis! Setelah beberapa waktu lalu Pemerintah Kabupaten Banjar melantik ratusan pejabat secara diam-diam, ternyata hal serupa kembali terjadi. Seketaris Daerah (Sekda) Banjar, Ir H Nasrunsyah telah melantik 9 pejabat, mulai pejabat eselon III dan IV, tanpa dihadiri Bupati dan Wakil BupatiBanjar,  Selasa (7/11) kemarin sore.

“Ya,  betul kemarin kita kembali melantik 9 pejabat eselon III dan IV  di ruang Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Banjar,” ujar Sekda Banjar,  H Nasrunsyah saat ditemui koranbanjar.net, Rabu (8/11) siang.

Nasrun menjelaskan,  pelantikan Selasa itu adalah pelantikan pejabat-pejabat yang sebelumnya berhalangan berhadir pada pelantikan sebelumnya.

Pelaksanaan pelantikan susulan tersebut, diakunya, merupakan mandat dari Bupati Banjar KH Khalilurrahman. “Saya yang melantik ke sembilan pejabat itu  tentunya atas mandat dari pimpinan,” terang Nasrun.

Meski atas mandat dari Bupati, namun kembali absennya orang nomor satu di Kabupaten Banjar itu kembali menjadi tanda tanya. Pasalnya, pada pelantikan sebelumnya, KH Khalilurrahman dikabarkan sedang berobat ke Surabaya, namun sudah kembali, Kamis (2/11) lalu.

Menanggapi misteri ini, Nasrun menutup rapat mulutnya dengan dalih, semua merupakan wewenang Bupati. Jawaban yang sama juga diucapkan Nasrun saat ditanya perihal tidak hadirnya Wakil Bupati.

“Itu bukan wewenang saya menjawab,” imbuh Sekda sambil tersenyum.

Pelantikan yang biasanya bertempat di Gedung Mahligai Sultan Adam, namun  ternyata pelantikan itu dilaksanakan di ruang BKD. Hal ini menimbulkan dugaan, bahwa pelantikan dilakukan secara rahasia.

Nanum dugaan itu dibantah Nasrunsyah. Menurut dia, hal itu dilakukan karena pihak yang dilantik tidak banyak. “Kenapa kita lakukan di BKD,  karena yang di lantik cuma sembilan orang,” tutur H Nasrunsyah.

Terkait pejabat apa saja yang dilantik kemaren sore, Sekda Banjar mengaku tidak hafal.

Sementara itu Kepala BKD Banjar, Mada Teruna tidak bisa di komfirmasi, karena berdasarkan informasi dari stafnya, yang bersangkutan sedang tugas ke luar daerah.

Sebagaimana berita sebelumnya, sekitar 2 pekan lalu, H Nasrunsyah telah melantik 114 pejabat struktural dan fungsional pada Jumat (27/10) lalu di Mahligai Sultan Adam. Pelantikan tersebut menjadi sorotan media karena tidak hadirnya Wakil Bupati Banjar, dan berbuntut kekecewaan H Saidi Mansyur, selaku orang nomor dua di Kabupaten Banjar.(sai)