oleh

Guru asal Banjar Terbaik ke 4 se Indonesia

MARTAPURA,KORANBANJAR.NET – Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar baru-baru ini mendapatkan prestasi di bidang tenaga didik keprofesian. Dalam apel gabungan  Aparatur Sipil Negara,  Pemkab Banjar, Senin (02/07) tadi, Bupati Banjar H Khalilurrahman menyerahkan sertifikat pengembangan  keprofesian berkelanjutan jenjang Sekolah Dasar kepada guru yang berprestasi.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar Drs. Ruspan Nor menjelaksan, sertikat yang diserahkan adalah salah satu syarat untuk menduduki jabatan sebagai kepala sekolah dan sertifikat diterbitkan Kementerian Pendidikan.  Kemudian sertifikat yang diberikan ke Pemkab Banjar sebanyak 189 sertifikat itu, nanti akan disusul untuk tenaga pendidik SMP dan SMA di Kabupaten Banjar.

“Ya, kita hari ini menyerahkan serifikat untuk para guru yang calon kepala sekolah, sertifikat diterbitkan Kementerian Pendidikan.  Kemudian sertifikat yang diberikan ke Pemkab Banjar sebanyak 189 sertifikat ini akan disusul untuk tenaga pendidik SMP dan SMA di Kabupaten Banjar,” ujarnya

Dia menambahkan, salah satu guru itu adalah guru berprestasi tingkat nasional, dan kemarin melakukan studi banding ke Belanda, di sana mereka melakukan beberapa kegiatan tentunya terkait dengan dunia pendidikan.

“Di sana mereka melakukan beberapa kegiatan tentu berkaitan dengan dunia pendidikan, jadi ilmu yang mereka dapat di sana akan diterapkan di sini agar pendidikan kita jadi lebih baik,” katanya.

Dia juga menuturkan  standar  mutu pendidikan di Kabupaten Banjar sudah sangat bagus dan mengalami peningkatan, bahkan tahun ini seluruh sekolah formal di Kabupaten Banjar akan memakai pendidikan kurikulum 2013.

Semenatara itu Yayuk Hartini dari SDN Indrasari 1 Martapura, sebagai salah satu penerima sertifikat juga baru melakukan kuliah pendek  ke Universitas Leden di Belanda menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan kuliah pendek di Eropa tepatnya Belanda. Setelah dirinya meraih penghargaan sebagai guru berprestasi di tingkat nasional dan dia juga merupakan 4 besar terbaik nasioanal tentunya ini sangat membanggakan Kabupaten Banjar.

“Selama di Belanda saya mempelajari kurikulum pendidikan di sana, dan akan kita terapkan disini,” katanya.

Diketahui  Pemeritah Kabupaten Banjar akan  menerapkan kurikulum ke-13, diakuinya kurikulum itu sama seperti apa yang diterapkan di Belanda, karena di situ tertera tentang karakter, bukan hanya pada pengetahuan dan keterampilan.(sai/sir)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: