DPRD Kabupaten Batola Studi Komparatif Desain Olahraga Daerah (DOD) Dispora Jakarta

studi komparatif pembuatan Desain Olahraga Daerah (DOD) ke Dispora Jakarta, Senin (26/02/2024). (Foto : Humas DPRD Kabupaten Batola).

Perhatian khusus untuk peningkatan prestasi olahraga di Batola datang dari DPRD Kabupaten Batola. Gelar studi komparatif pembuatan Desain Olahraga Daerah (DOD) ke Dispora Jakarta, Senin (26/02/2024).

BARITO KUALA, Koranbanjar.net – Kegiatan ini dipimpin langsung unsur pimpinan DPRD Kabupaten Batola. Ketua DPRD Batola Saleh, Wakil Ketua Mohammad Agung Purnomo dan Hj Arfah, menyimak paparan dari Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora DKI, Wisnu Dewanto tentang DOD.

DOD sendiri adalah dokumen rencana induk kebijakan keolahragaan daerah yang disusun berdasarkan DBON (Desain Besar Olahraga Nasional). Dimana DBON adalah dokumen rencana induk yang berisi arah kebijakan pembinaan dan pengembangan keolahragaan nasional yang dilakukan secara efektif, efisien, unggul, terukur, sistematis, akuntabel, dan berkelanjutan dalam lingkup olahraga pendidikan, olahraga masyarakat, olahraga prestasi, dan industri olahraga.

“DOD bertujuan meningkatkan budaya olahraga di masyarakat, meningkatkan kapasitas, sinergisitas, dan produktivitas olahraga prestasi, serta memajukan perekonomian daerah berbasis olahraga,” ujar Wisnu.

Wisnu menambahkan DOD sendiri berfungsi sebagai pedoman pemerintah daerah, organisasi olahraga, dunia usaha dan industri, akademisi, media dan masayarakat dalam penyelenggaraan keolahragaan daerah.

“Dokumen DOD memuat visi dan misi, prinsip, tujuan dan sasaran, kebijakan, strategi dan penyelenggaraan DOD, serta road map DOD,” jelasnya.

Adapun penyelenggaraan DOD meliputi olahraga rekreasi, olahraga pendidikan, olahraga prestasi, dan industri olahraga.

Menindaklanjuti hasil diskusi dan paparan Dispora Jakarta, DPRD Batola akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait.

“Kami akan melaksanakan rapat koordinasi dengan dinas terkait melalui Komisi II untuk pembuatan DOD di Batola,” ujar Saleh.

(max/rth)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *