Baznas

Demi Proses Penyelamatan Lebih  Mudah, Relawan Haul Ganti Dermaga dengan Tripod

  • Bagikan

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Menyongsong Haul ke 13 Seykh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Guru Sekumpul, berbagai persiapan dilakukan pihak relawan haul. Kali ini persiapan terdiri dari Dinas Kesahatan Kabupaten Banjar, Polres Banjar, Tagana, BNPB serta Rescue 911 dari Banjarmasin, melakukan ujicoba alat keselamatan tripod di jembatan Jl Kenanga Pintu Air serta di jembatan Jl Pendidikan, Jumat (23/3) pukul 05.00 wita, tadi.

Menurut Anggota Rescue 911, Fayi (20), penggunaan tripod yang berbahan alumunium itu berpungsi untuk menurunkan korban dari atas atau jembatan ke dalam Speed Boat. Penggunaan tripod ini merupakan perdana digunakan untuk haul tahun ini, dulunya relawan haul menggunakan dermaga sementara untuk menaikkan jamaah yang sakit ke dalam speed boat.

“Dulunya kita untuk manaikkan korban ke speed boat menggunakan dermaga sementara, namun karena terlalu sulit, untuk tahun ini kita menggunakan tripod ini untuk menaikkan korban ke atas speed boat untuk dibawa ke Rumah Sakit terdekat. Selain itu alat ini juga tidak memakai tempat yang luas,”  beber Fayi kepada koranbanjar.net, Jumat, (23/3)

Fayi melanjutkan, pada haul ke-13 Guru Sekumpul ini disiapkan 5 buah speed boat, yang stand by di 3 titik di jalan Kenanga Pintu Air, Jalan Pendidikan dan Bincau.

“Untuk speed boat ini kami saling isi saja, jika ada titik yang kosong karena mengantar jamaah yang sakit, maka speed boad yang kosong akan mengisinya” paparnya.

Warga yang kebetulan melintas terlihat ramai menonton proses simulasi alat keselamatan yang berbentuk mirip tripod kamera tersebut. Sempat terlihat beberapa kali gagal melakukan simulasi, namun setelah beberapa kali uji coba akhirnya alat tersebut dinyatakan aman untuk menurunkan jamaah yang sakit.

“Alat ini kami nyatakan sangat aman untuk jamaah,” ujarnya.

Anggota Rescue 911 Banjarmasin ini mengimbau kepada jamaah haul, jika ada sesuatu yang tidak diinginkan yang berhubungan dengan kesehatan, maka langsung saja hubungi pihak relawan haul yang terdekat atau langsung datang ke tempat kami yang berada di Jl Kenanga Pintu Air. “Kami siap sedia membantu,” tutupnya. (sen/dra/kie)

  • Bagikan