Debit Sungai Tabalong Meluap, Tiga Desa di Kecamatan Banua Lawas Terendam Banjir

  • Bagikan
Ketua UPBS Pusaka Banua Lawas, Arsyad menunjukkan lokasi sejumlah rumah yang terdampak banjir. (foto : UPBS Pusaka Banua Lawas)
Ketua UPBS Pusaka Banua Lawas, Arsyad menunjukkan lokasi sejumlah rumah yang terdampak banjir. (foto : UPBS Pusaka Banua Lawas)

Banjir melanda tiga desa di Kecamatan Banua Lawas, Kabupaten Tabalong, Jum’at (26/11/2021). Tak hanya merendam permukiman warga, banjir juga turut menggenangi beberapa ruas jalan pedesaan.

TABALONG, koranbanjar.net – Menurut Ketua UPBS Pusaka Banua Lawas, Arsyad, banjir di sebabkan luapan Sungai Tabalong akibat tingginya intensitas hujan dalam beberapa hari terakhir.

“Ada tiga desa yang terdampak luapan sungai Tabalong yaitu desa Bangkiling, Bangkiling Raya dan Hapalah,” ungkapnya.

Arsyad menyebutkan, akibat banjir setidaknya ada belasan rumah yang telah terdampak. Di Desa Bangkiling 5 rumah, Bangkiling Raya 10 rumah dan Hapalah 3 rumah.

“Di rumah warga ketinggian bervariasi dari 10 sampai 40 centimeter,” jelasnya.

Arsyad menambahkan, saat ini ia bersama anggotanya terus melakukan monitoring dan pemantauan sebab air belum ada menunjukkan tanda-tanda akan surut.

“Situasi saat ini air masih naik perlahan,” ucapnya.

Terpisah, Camat Banua Lawas, H Fariduddin juga membenarkan di wilayahnya terdampak luapan sungai Tabalong.

“Kondisi air masih naik, saat ini warga masih belum mengungsi tapi kita sudah menyiapkan tarup tenda untuk dapur umum,” ujarnya.(mj-42/sir)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *