AdvertorialBerita UtamaKab Banjar

Cuaca Tak Menentu, BPBD Banjar: Cegah Bencana Mulai Dari Menjaga Kebersihan Lingkungan

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar imbau masyarakat agar tingkatkan kesadaran pencegahan dini bencana, mengingat perubahan musim tidak dapat diprediksi.

Drs HM Irwan Kumar mengatakan, untuk wilayah Kalimantan Selatan khususnya Kabupaten Banjar memang bukan kawasan yang terlalu rawan bencana alam, kendati demikian menurutnya tetap harus waspada.

“Kita harus tetap waspada mengingat imbauan dari BMKG curah hujan di daerah kita masih cukup tinggi, sehingga dapat mengakibatkan bencana banjir maupun angin puting beliung,” kata Kepala Pelaksana BPBD Banjar kepada koranbanjar.net, di Kantor BPBD Banjar, Jumat (12/4/2019).

Oleh karena itu, Irwan Kumar mengimbau kepada masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dari sampah seperti di drainase maupun selokan, agar terhindar dari bencana banjir dan berbagai penyakit lainnya.

“Seperti yang telah disampaikan oleh Bupati Banjar berulang kali, untuk masyakat tidak membuang sampah kesungai, ke saluran parit, maupun saluran drainase,” imbaunya.

Untuk menghindari berbagai macam bencana, ia menegaskan diperlukan kesadaran seluruh elemen masyarakat, serta diperlukannya edukasi penanganan jika terjadi bencana alam nantinya.

BPBD Banjar sendiri tak jarang melakukan sosialisasi pencegahan dan penanganan bencana alam, dan juga sering turun langsung ke lapangan untuk melakukan pembersihan seperti giat pembersihan media jalan di Kertak Hanyar beberapa waktu lalu. (fia/dra)

Tags

Tinggalkan Balasan

Close