oleh

Bupati Khalil; Hantu pun Bisa Jadi Bupati, Warganet; Bah Iya am Bisa Tepilih Hantu

 

Catatan Sepekan


PENUTURAN Bupati Banjar Khalilurrahman saat menyampaikan sambutan tertulisnya pada acara Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banjar (Pilbup) 2020, kemarin, mengundang berbagai komentar warganet di Facebook kami, Koran Banjar Net.

Ihwalnya, dalam acara yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjar itu, Bupati Khalil mengatakan, hantu pun bisa jadi bupati kalau punya banyak duit.

“Karena saya sudah pernah merasakan jadi calon bupati. Rasanya dag dig dug,” katanya di hadapan para undangan acara.

Penuturan menggelitik itulah yang kemudian menuai komentar para warganet. Komentar mereka tuliskan pada postingan berita kami, Bupati Khalilurrahman; Hantu pun Bisa Menjadi Bupati Kalau Punya Duit Banyak, di Facebook Koran Banjar Net.

Komentar menarik yang kami catat di antaranya dituliskan seorang warganet bernama Fadel Piero. “Bah iya am bisa tepilih hantu am (bisa hantu yang akan terpilih; bahasa Banjar, Red),” tulisnya.

Tangkap layar Facebook Koranbanjar.net

Sejak tayang pada Selasa, 28 Januari kemarin, hingga saat ini berita tentang penuturan Bupati Khalil itu tercatat telah dibaca delapan ribu kali lebih dan empat ribu kali dibagikan melauli media sosial.

Sebelumnya, Bupati Banjar periode 2016-2021 itu juga mengeluarkan pernyataan mengejutkan ketika ditanya tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, belum lama tadi.

Pria berusia 75 tahun itu mengatakan, dirinya siap maju di Pilkada Banjar 2020. Padahal, jauh sebelum pernyataan tersebut, dia pernah mengatakan tak ingin lagi maju di Pilkada.

“Politik itu sifatnya dinamis, tidak ada kata bohong dalam politik,” ucap bupati yang juga dikenal sebagai ulama dari Pondok Pesantren Darussalam, Martapura itu.

Guru Khalil, sapaan akrabnya, mengakui keinginannya maju di Pilkada tahun ini lantaran desakan masyarakat. “Hal ini karena banyak warga di desa-desa dan kecamatan yang meminta saya maju kembali,” katanya.

Kendati demikian, dia mengatakan, saat ini hal tersebut masih menjadi pertimbangannya. (baca selengkapnya: Pernyataan Baru Guru Khalil Nyatakan Siap Maju Pilkada)

Sejauh ini, setidaknya sudah ada tercatat tujuh bakal calon Bupati Banjar yang telah menyatakan diri siap maju pada Pilkada 2020. Mereka ialah Andin Sofyanoor, Saidi Mansyur, Mada Teruna, Gt Sulaiman Razak, Rusli, Yunani, Ahmad Rivani.

Pilkada 2020 rencananya digelar serentak pada September mendatang. Penyerentakan pelaksanaan Pilkada tahun ini berlaku untuk kabupaten, kota, dan provinsi yang masa jabatan kepala daerahnya berakhir pada 2021.

Jumlah totalnya, ada 270 daerah di Indonesia yang akan melaksanakan Pilkada serentak tahun ini. Jumlah tersebut termasuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalimantan Selatan, Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Banjarmasin, Pilwali Banjarbaru, Pilbup Banjar, Pilbup Kotabaru, Pilbup Balangan, Pilbup Hulu Sungai Tengah, Pilbup Tanah Bumbu. (dny)

Komentar