Berikan Bantuan, Bupati Banjar Tinjau Lokasi Kebakaran di Desa Limamar

oleh -272 views
Berikan Bantuan, Bupati Banjar Tinjau Lokasi Kebakaran di Desa Limamar
Bupati Banjar Tinjau Lokasi Kebakaran di Desa Limamar, Minggu (24/3/2019) foto: MC-Banjar

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Bupati Banjar KH Khalilurrahman meninjau lokasi kebakaran di Desa Limamar Kecamatan Astambul. Pada musibah yang terjadi pada Minggu (24/3/2019) pukul 01.45 Wita dini hari, telah menghanguskan7 unit rumah.

Dari 7 rumah itu sebanyak 6 rumah rusak berat dan 1 rumah rusak ringan, yang dihuni 29 jiwa. Bupati Banjar mengatakan kejadian ini merupakan musibah yang harus diambil hikmahya.

Melalui BPBD Kabupaten Banjar, bantuan diberikan untuk korban kebakaran seperti mie, air mineral, terpal, selimut dan peralatan mandi, piring, sendok, gelas, tikar dan peralatan sekolah untuk anak-anak serta pakaian layak pakai.

“Semoga dengan pemberian ini dapat meringankan beban korban kebakaran,” ujar bupati yang kerap disapa Guru Khalil.

Guru Khalil menghimbau kepada warga agar selalu waspada terhadap musibah kebakaran “Jika meninggalkan rumah agar mematikan api kompor, obat nyamuk dan listrik,” imbau bupati.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banjar H M Irwan Qumar mengingatkan, agar selalu waspada, antar tetangga saling mengingatkan mematikan api dan listrik yang tidak digunakan.

Salah seorang Korban Kebakaran, Khairullah menjelaskan peristiwa kebakaran ini terjadi kurang lebih sekitar pukul 01.45 malam. Penyebab kebakaran diperkirakan konsleting listrik arus pendek.

“Pertama api berasal dari atas tengah rumah, mungkin karena habis hujan sehingga mnyebabkan tegangan ada yang terganggu. Kemudian api menyebar dengan cepat, tidak sampai 30 menit api sudah menghabiskan enam buah rumah,” kata Khairullah.
Pemadam tiba sekitar pukul 02.30 wita, Khairullah mengatakan saat itu sudah enam buah rumah hampir habis. Saat pemadam tiba hanya satu buah rumah yang bisa terselamatkan

“Terimakasih yang sebesar-besarnya sudah membantu secara moral maupun materil kepada pemerintah Kabupaten Banjar. Juga cukup tanggap tidak sampai 24 jam bantuan sudah datang. Baik dari BPBD Banjar, Dinas Sosial, Baznas Banjar, Taruna Tanggap Bencana dan semua pihak. Semoga dermawan lainnya bisa mendonasikan bantuannya kepada para korban,” ungkapnya.

Selain didampingin Kepala Pelakasana BPBD Banjar, Bupati Banjar juga didampingi Sekretaris Dinas Sosial Banjar Sirajudin, Camat Astambul Jurzi Zaidan. (dra)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan