BAZNAS Kalsel Prioritaskan Penyaluran Hewan Kurban ke Masyarakat di Daerah Yang Jarang Menikmatinya

BAZNAS Kalsel salurkan daging kurban yang diprioritaskan untuk masyarakat di daerah yang jarang menikmatinya. (Foto: BAZNAS Kalsel)

Dalam kurban berkah 1445 Hijriah, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kalimantan Selatan memastikan penyaluran hewan kurban tepat sasaran dan berkualitas.

BANJARMASIN, koranbanjar.net – “Kami memprioritaskan masyarakat di daerah yang jarang menikmati hewan kurban untuk penyaluran daging kurban tahun ini,” ujar Wakil Ketua II BAZNAS Kalsel H. Gurdani Syukur, Rabu (29/5/2024).

Beberapa titik desa di Batola menjadi target penyaluran hewan kurban dan memastikan bahwa daging kurban akan diterima dalam keadaan masih segar dan baik. Kemudian dengan membatasi jarak penyaluran tidak melebihi 30 KM dari pusat penyembelihan.

“Untuk daerah yang agak jauh, kami akan mengirimkan hewan kurban langsung ke daerah tersebut,” jelas Gurdani.

Lanjutnya, pengalaman BAZNAS Kalsel dalam penyaluran hewan kurban pun terbilang istimewa, pernah menjangkau daerah pegunungan Meratus di Hulu Sungai Tengah, Balangan, Hulu Sungai Selatan dan Kabupaten Banjar di Paramasan hingga harus bermalam sebelum pelaksanaan penyembelihan.

“Namun, kami merasa bahagia sekali bisa berbagi dengan mereka yang benar-benar membutuhkan. Masyarakat sekitar pun sangat merasa terbantu dan diperhatikan karena kami memberikan perhatian khusus kepada saudara kami yang jauh dari perkotaan,” ungkap Gurdani.

Selain fokus pada penyaluran, BAZNAS Kalsel juga menjalin kerjasama dengan beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dalam pelaksanaan ibadah kurban.

“Diantaranya dengan Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, juga Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan,” sebutnya sembari menambahkan juga menjalin kerjasama dengan Unit Pengumpul Zakat(UPZ) Bakti Bersama Hasnur Group.

Sementara Noor Huda Fikri, Kepala Bidang Pendistribusian BAZNAS Kalsel, menjelaskan bahwa kerjasama dengan kedua dinas tersebut telah berjalan selama beberapa tahun belakangan.

“Dinas ini termasuk dari Unit Pengumpul Zakat BAZNAS Kalsel yang rajin mengumpulkan infak dan mensupport kegiatan-kegiatan BAZNAS Kalsel,” kata Noor Huda.

BAZNAS Kalsel masih membuka peluang bagi masyarakat Kalsel yang ingin menunaikan ibadah kurbannya melalui BAZNAS Kalsel.

Kemudian memastikan bahwa penerima daging hewan kurban benar-benar disalurkan kepada yang berhak dan dikelola dengan baik.

BAZNAS Kalsel menyediakan beberapa kemudahan bagi masyarakat yang ingin berkurban. Calon pekurban atau mudhohi bisa menitipkan ibadah kurbannya melalui kanal website resmi BAZNAS Kalsel di https://kalsel.baznas.go.id/kurban.

Atau konsultasi terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi di WA 0811 5133 613 dan memantau kegiatan BAZNAS Kalsel di @baznaskalsel.

(yon/rth)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *