Batu Bagapit Menjadi Destinasi Wisata Terbaru di HST

Kolam renang yang ada di wisata batu bagapit ( foto: Ramli/koranbanjar.net)

Taman wisata di kaki pegunungan meratus ini diberi nama pemiliknya “Batu Bagapit”, lokasi tempat ini berada di Desa Bulayak, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

BARABAI,koranbanjar.net Pengambilan nama batu bagapit ialah karena di tempat tersebut ada beberapa batu besar yang berdempetan.

Kata bagapit merupakan sebuah kata berasal dari bahasa Banjar, yang kalau diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia ialah berdempetan.

Letak wisata baru ini terletak di desa Bulayak, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Wisata ini dibangun ditengah-tengah perkebunan karet milik H.Upik, warga asal Kelurahan Barabai Darat, Kecamatan Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Tempat wisata alam yang disuguhkan bagi para pengunjung sangat memanjakan mata, sekedar untuk santai menghilangkan penat maupun berkumpul dengan keluarga.

Di lokasi itupun juga ditambah fasilitas seperi kolam renang, yang ukurannya lumayan besar dan bisa dipakai untuk anak-anak maupun orang dewasa. Sementara air di dalam kolam renang itu merupakan sumber air yang langsung dialirkan dari pegunungan meratus, yang sudah terjamin keaslian dan kesegarannya.

Saat ini masih berlangsung tahap pembangunan, seperti gajebo dan juga penunjang lainnya untuk tempat wisata tersebut.

Tidak sulit bagi pengunjung yang ingin berwisata ketempat ini, jarak dari kota Barabai menuju ke lokasi ini ditempuh kurang lebih 15 KM, dengan waktu kurang lebih 30 menit, mengarah ke selatan dari jantung Kota Barabai.

Madi kepada koranbanjar.net, Selasa (21/6/2022) siang, mengungkapkan, untuk biaya masuk tidak ada,

“tidak ada dikenakan biaya masuk ke lokasi namun hanya tarif parkir saja sebesar Rp.5000,” ujarnya.

Sementara itu Bhabinkamtibmas Hantakan Bripka Riri Herlianto mengaku menyambut baik adanya tempat wisata ini.

“tempatnya bagus, menyegarkan mata bagi para pengunjung, ini juga menjadi pilihan pilahan tempat wisata bersama keluarga dikarenakan adanya tempat untuk bersantai,” ujarnya.

Hulu Sungai Tengah, khususnya di wilayah Kecamatan hantakan, yang notabennya merupakan kawasan pegunungan meratus, memang sangat banyak menyimpan keindahan alam.

(mdr/slv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.