oleh

Banjir Di Desa Jingah Habang Hilir Dan Desa Tanahabang Sudah Surut

MARTAPURA, koranbanjar.net – Dari awal tahun 2020, beberapa wilayah di Kabupaten Banjar dilanda banjir. Curah hujan yang tinggi mengakibatkan beberapa Desa terendam banjir. Diantaranya, Desa Jingah Habang Hilir Kecamatan Mataraman dan Desa Tanahabang Kecamatan Mataraman.

Banjir yang merendam di dua desa tersebut, mengalami puncaknya pada Minggu (5/1/2020) kemarin. Totalnya, di setiap desa merendam puluhan hingga ratusan rumah.

Dari data yang dihimpun, di Desa Jingah Habang Hilir Kecamatan Karang Intan, banjir merendam hampir 100 buah rumah di Sepanjang Jalan Melati Desa Jingah Habang Hilir. Dampak terbesar dialami di RT 01.

Di Desa Tanahabang Kecamatan Mataraman, ketinggian air sempat mencapai satu meter. Ada 36 rumah di RT 4 yang terendam banjir akibat hujan deras dan kiriman air dari gunung yang turun ke Desa tersebut. Banjir melanda Desa tersebut pada Senin (6/1/2010) kemarin.

Hingga saat ini, kondisi terkini di dua desa tersebut sudah mengalami penyurutan air. Warga pun sudah dapat melakukan aktifitasnya kembali.

Namun, warga tetap waspada apabila terjadi hujan lebat yang melanda di desa mereka.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Banjar M Irwan Kumar mengatakan, untuk dua wilayah tersebut sudah surut.

“Desa Jingah Habang Hilir dan Desa Tanahabang sudah surut. Warga bisa dapat berkatifitas kembali,” ucapnya saat dikonfirmasi. (Maf)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: