Aula Desa Kebanjiran Pindah ke Aula Kecamatan Martapura

oleh -141 views

Para warga yang dievakuasi di aula kantor Kecamatan Martapura, semula mengungsi di aula desa setempat. Namun, aula desa kebanjiran maka pindah ke aula Kecamatan Martapura.

BANJAR,koranbanjar.net – Beberapa wanita dan anak kecil tampak mendominasi tempat pengungsian di aula kantor Kecamatan Martapura, Rabu (13/1/2021).

Rumah di jual di Martapura

Jasa Interior di Kalimantan Selatan

Mereka berasal dari dua desa di Kecamatan Martapura, Desa Bincau dan sebagian warga Bincau Muara. Aula kantor Kecamatan Martapura itu sendiri termasuk dalam lingkup Desa Bincau berbatasan dengan Desa Indrasari, berada di dataran lebih tinggi dari kawasan lainnya yang terendam banjir di desa itu.

Koranbanjar.net yang menyambangi tempat pengungsian sekitar pukul 10.00 Wita, disambut dua orang pengungsi, Edy dan Mama Agus. Keduanya adalah warga Desa Bincau yang turut mengungsi karena rumah mereka kebanjiran.

Diceritakan Edy, mereka semua yang ada di aula kantor Kecamatan Martapura kebanyakan adalah perempuan dan anak-anak. Sedangkan para lelaki tetap berada di rumah atau sekitar rumah untuk mengantisipasi segala kemungkinan.

Mereka sudah tiga hari ada di penampungan atau menempati aula Kecamatan Martapura. Semula di aula Pemerintahan Desa Bincau, Aula Mat Seman. Tapi, belakangan semakin tinggi kenaikan debit air, aula desa turut terendam banjir. Warga dipindahkan ke aula Kecamatan Martapura.

“Kami sudah mengungsi tiga hari sampai hari ini, sehari di aula desa dan dua hari di aula kecamatan,” kata dia.

Warga mengalami banjir di Desa Bincau, mulai RT 1 sampai RT 4. Ia sendiri tinggal di kawasan RT4.

“Kendaraan bermotor roda dua sudah tidak dapat melintas. Banjir yang parah diantaranya dekat masjid Bincau dan makam Datu Syariat Desa Bincau Muara,”  kata Edy, yang juga aparat di Pemerintahaan Desa Bincau.

Aula Kecamatan Martapura selain tidak jauh dari kantor Camat Martapura, lingkungannya juga dengan Dinas Sosial Kabupaten Banjar dan Koramil Martapura.

“Kami di sini mendapatkan bantuan makanan sehari tiga kali. Sebelumnya, juga ada bantuan selimut dan sembako,” imbuh Mama Agus.

Apakah sudah ada pejabat Pemkab Banjar menjenguk? Edy menyebutkan, Bupati Banjar H Khalilurrahman dan Wabup Banjar H Saidi Mansyur sudah pernah melakukan kunjungan ke tempat pengungsian di Aula Kecamatan Martapura. (dya)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *