oleh

Aman Optimis Gairah Masyarakat untuk Bertani Bangkit Kembali

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Mimpi para petani Sungai Batang, Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar, akan ketersediaan saluran kanal air untuk mengaliri pesawahan mereka akhirnya terwujud.

Ini setelah Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, turun langsung ke lokasi areal pertanian menyerap aspirasi, sekaligus ikut menebar benih padi siam pada minggu kedua Ramadan 1439 H atau tepatnya Sabtu 26 Mei 2018.

Saat itu para petani berharap Paman Birin membantu membangunkan rei atau kanal saluran air. Pasalnya, sejak lahan pertanian itu dibuka masyarakat tempo dulu, kebutuhan air sangat tergantung faktor cuaca dan alam.

“Alhamduilllah sejak kedatangan Paman Birin -panggilan akrab Gubernur Kalsel- minggu kedua ramadan kemarin, hasilnya sudah kita lihat sekarang. Saluran air sudah direalisasikan berupa pembangunan kanal di sisi kanan dan kiri sawah,” terang Aman Asri, saat ditemui di areal pesawahan, Rabu (20/6) sore.

Aman Optimis Gairah Masyarakat untuk Bertani Bangkit Kembali

Aman Asri mengatakan, ia dan para petani lainnya sangat berterimakasih atas respon cepat Paman Birin menyikapi aspirasi masyarakat.

Terbukti dari telah direalisasikannya pembuatan kanal untuk mengairi sawah petani. Sebelum pemuatan kanal, masyarakat terlebih dulu bergotong royong melakukan pengerukan tanah untuk membuat kanal.

Aman optimis, gairah masyarakat untuk bercocok tanam bakal bangkit kembali  seiring tumbuh suburnya tanaman padi di sini.

Kepala Desa Sungai Batang Muhammad Aspi mengungkapkan terimakasih atas bantuan Paman Birin dalam mendorong masyarakat memanfaatkan lahan tidur untuk pertanian.

Diutarakan, seiring dengan keberadaan kanal, pertanian warga khususnya benih padi terlihat sangat subur. (hsmprov/dra)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: