Baznas

Agar Bisa Kembangkan Monografi Desa, Kades Ikuti Sosialisasi Forum Data Statistik

  • Bagikan

MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Komunikasi, Infromatika, Statistik dan Persandian, menggelar Sosialiasi Forum Data Statistik Sektoral Lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar di King Hotel, Kota Banjarbaru.

Sosialisasi yang diikuti para kepala desa  ini dimaksudkan agar nanti bisa disajikan data sektoral yang akurat, berkualitas dan tepat waktu dalam mendukung perencanaan pembangunan daerah.

Kepala Diskominfo Kabupaten Banjar, Ir. Farid Soufian Madar  ditemui koranbanjar.net  mengatan,  sebelumnya pihak Diskominfo telah melakukan sosialisasi ke tingkat SKPD,  kecamatan,  dan kali ini tingkat desa.

“Kita harapkan sosialisasi tentang statistik sektoral ini ke depan bisa mengembangkan monografi desa untuk memuat data-data pada desa seperti industri,  kesehatan,  dan perubahan jumlah tiap tahun,” ujar Farid

Nanti dengan data statistik ini desa-desa bisa melaporkan data-data tentang desanya via online.

Selain itu desa yang memiliki lahan luas,  bisa menjadi penarik investor di kemudian hari dan dapat meningkatkan desa tersebut.

“Untuk desa yang memiliki lahan luas,  nanti bisa menarik investor untuk membuka usaha,” ujarnya

Sementara Farid mengakui tidak semua desa bisa menyediakan peralatan untuk sistem ini,  karena itu pihaknya hanya melakukan di beberapa desa.

“Sementara kita di desa-desa yang ada komputerisasinya dulu,  karena tidak semua kan ada,” ungkapnya

Sementara acara tersebut diisi narasumber dari BPS Kabupatan Banjar Firman Jatiputera.(sai)

  • Bagikan