oleh

37 PESANTREN KUMPUL, ADA APA..?

MARTAPURA – Masih serangkaian dengan Hari Santri Nasional 2017, ribuan santri telah ikut memeriahkan Pawai Kirab santri  2017. Kegiatan ini merupakan kegiatan kedua yang diselenggarakan di Kota Serambi Makkah.

Dengan membawa berbagai atribut dan miniatur yang bernuansa Islami, ribuan santri perwakilan  dari 37 pesantren se Kabupaten Banjar ikut meramaikan kegiatan.

Acara tersebut langsung dilepas Bupati Banjar, Khalilurahman di halaman kantor Pemerintah Kabupaten Banjar, belum lama tadi.

Para peserta kirab santri bergerak menyusuri jalan-jalan utama di Kota Martapura, dari halaman Kantor Pemkab, melewati Masjid Agung Al Karomah dan berakhir di RTH Ratu Zalekha Martapura.

Acara Kirab Santri bertujuan untuk menggali semangat para santri untuk terus berkarya, berinovasi dan mandiri. Upaya positif itu tentunya untuk mewujudkan Kabupaten Banjar yang Sejahtera dan Barokah.

“Tujuan dari Kirab Santri ini untuk menggali semangat para santri, agar terus berkarya, berinovasi, hal itu akan bermanfaat untuk dirinya sendiri maupun untuk daerah, khususnya Kabupaten Banjar,” ujar Khalilurahman.

Sementara itu, saat arak-arakan berlangsung, tidak sedikit para santri menyempatkan diri untuk rebutan bersalaman dengan Bupati Banjar, mereka melintas di depan orang nomor satu itu yang turut menyaksikan jalannya Kirab Santri.

Seluruh rangkaian Hari Santri Nasional 2017 di Kabupaten Banjar tetap mengedepankan kesenian dan budaya Islam. Hal ini juga semakin mengokohkan ciri khas Kota Martapura yang terkenal dengan sebutan Kota Santri.(sai)

Dari Rubrik Pilihan: