110 Tandon untuk Dapur Umum Haul Guru Sekumpul, BPBD Banjar akan Ambil Airnya di Sini

oleh -81 views
110 Tandon untuk Dapur Umum Haul Guru Sekumpul, BPBD Banjar akan Ambil Airnya di Sini
Bupati Banjar didampingi Kepala Pelaksana BPBD Banjar serahkan 12 tandon kepada petugas dapur umum Gang Taufik. (foto: ist)

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Untuk kelancaran Haul Syeikh KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani (Abah Guru Sekumpul) ke-14, Pemkab Banjar melalui Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar setidaknya serahkan 110 tandon untuk keperluan air di dapur umum haul.

“Untuk hari ini kita menyerahkan 12 tandon berkapasitas 1.200 liter di dapur umum Gang Taufik, sisanya akan menyusul sesegeranya,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Banjar Irwan Kumar, Selasa (19/2/2019).

12 tandon tersebut diserahkan langsung Bupati Banjar KH Khalilurrahman kepada petugas dapur umum Gang Taufik. Irwan Kumar mengatakan berdasarkan data dari kelurahan, seluruh dapur umum memerlukan 110 tandon yang terbagi di berbagai titik.

Irwan membeberkan secara keseluruhan selain untuk keperluan air di dapur umum, memerlukan 168 tandon. “Dari data keseluruhan sebanyak 168 tandon yang diperlukan. Jadi yang kita utamakan dapur umum untuk keperluan memasak nasi samin, selebihnya akan dibantu PDAM Intan Banjar untuk wudhu dan lainnya,” paparnya.

 

BPBD jelas Irwan, akan menyediakan lagi 5 tandon tambahan untuk dapur umum yang masih memerlukan. “Tandon ini sifatnya pinjam pakai. Jadi nanti setelah selesai dipakai akan ditarik lagi. Namun, jika ada masyarakat yang memerlukan silahkan, jadi tidak sebatas untuk haul saja tapi jika ada masyarakat yang memerlukan kita pinjami,” jelas Irwan.

Irwan menjelaskan, tak hanya memfasilitasi tandon semata namun juga menyuplai airnya. “Kita rencananya akan mengambil air di tempat Haji Sairi di Keraton, nanti kita akan izin mengambil air di sana untuk mengisi tendon,” tambahnya.

Selain itu ia menambahkan, akan memobilisasikan 3 unit tangki air bersih untuk keperluan memasak di dapur umum.

Sementara Bupati Banjar KH Khalilurrahman mengungkapkan, sudah jadi kewajiban Pemkab untuk memfasilitasi Haul Abah Guru Sekumpul. Bukan hanya dalam menyediakan air bersih, tetapi juga dengan instansi terkait seluruh Kabupaten Banjar bertanggung jawab untuk menyukseskan kegiatan haul tersebut.

“Martapura mesti menjadi tuan rumah yang baik mengingat banyaknya jamaah yang datang dari berbagai daerah, pokoknya tamu adalah raja,” ujar Bupati Banjar saat sambutan penyerahan tendon di Gang Taufik.
Untuk menyuplai air bersih, dijelaskan Buparti, akan dimulai pada H-6 haul hingga puncak haul. “Semoga penyediaan tendon dan air bersih ini dapat mendukung keberlangsungan dan kelancaran haul sebagai harapan kita semua. Karena bagaimana pun jamaah yang datang tahun ini jutaan lagi, mari kita sama-sama hormati tamu kita,” kata Bupati yang kerap disapa Guru Khalil ini. (dra)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan