oleh

Yayasan Islam Dalam Pagar Terima Penghargaan dari Perpustakaan RI

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Pemerintah Kabupaten Banjar menyerahkan penghargaan dari perpustakaan Republik Indonesia kepada Yayasan Islam Dalam Dagar, Penghargaan tersebut diserahkan Bupati Banjar H Khalilurrahman, Senin (24/09/2018) di halaman Kantor Pemkab Banjar

Diketahui Penghargaan Jasa Dharma Pustaloka kategori pelestarian naskah kuno diterima perwakilan Yayasan Islam Dalam Pagar Doktor Mufrida Zein usai apel kerja gabungan lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar.

Pengurus Yayasan Islam Dalam Dagar Doktor Mufrida Zein mengatakan, penghargaan ini di berikan sebagai kategori upaya pemeliharaan dan menjaga naskah kuno, salah satunya seperti kitab-kitab karangan Syekh Muhammad Arsyad Albanjari.

“Kitab yang dikarang Datu Kalampayan, di antaranya seperti Kitab Sabilal Muhtadin, Luqtah Al ‘Ajlan, kitab bab nikah, dan Alqur ‘an 30 tulisan tangan yang masih untuh terpelihara dengan menggunakan laminasi.” katanya

Mufrida juga mengakui, bahwa ada usulan dari kepala perpustakaan dan kearsipan Nasional untuk mengganti kulit kitab tersebut, namun dikhawatirkan akan merusak, oleh karena itu pihaknya akan terus lakukan pemeliharaan secara intensif.

“Ada sih usulan, tapi kita mempertimbangkan banyak hal, di antaranya kita takut rusak nantinya, jadi kita jaga saja se-asli mungkin,” ujarnya.

Penyerahan pengharagaan Jasa Dharma Pustaloka kategori pelestarian naskah kuno oleh Bupati Banjar Khalillurahman disaksikan Sekda Banjar Nasrunsyah, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Banjar Yasna Khairina serta disaksikan peserta apel gabungan lingkup Kabupaten Banjar.(sai/sir)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: