Wisata Danau Caramin tanpa Bantuan Pemerintah

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Sebagai salah satu wisata di Kota Banjarbaru, Danau Caramin yang berada di Guntung Manggis, tepatnya di Ujung Ulin, ternyata belum pernah mendapat sentuhan bantuan dari Pemerintah Kota Banjarbaru.

Wisata Danau Caramin sangat banyak dikunjungi masyarakat dari luar daerah Banjarbaru, namun saya belum pernah mendapat perhatian. Masyarakat setempat yang mengelola wisata tersebut secara swadaya.

Padahal wisata tersebut sangat berpotensi untuk wisata di Kota Banjarbaru. Ketua Pengelola Wisata Danau Caramin, Marliansyah, mengatakan bahwa wisata Danau Caramin sudah mempunya SK dari Disporabudpar Kota Banjarbaru.

“Dengan masyarakat setempat saya rangkul untuk mengelola. Ada 6 RT yang ikut untuk mengelola wisata Danau Caramin ini,” ucapnya.

Hal ini dikatakan, peran serta Pemerintah Kota sangatlah dibutuhkan. Untuk penyediaan saran wisata, Marliansyah bersama warga yang mengelola. “Seperti jukung kita adakan di sini, masyarakat juga yang mengelola. Wc umum, dermaga untuk penyebarangan kita sediakan,” katanya.

Dengan cara swadaya masyarakat setempat mengelola wisata Danau Caramin. Marliansyah mengharpakan pemerintah dapat membantu untuk pengelolaan wisata Danau Caramin. Seperti dana operasional untuk perawatan wc umum dan dermaga perahu untuk penyeberangan bagi wisatawan yang datang.

“Kita minta perjuangkan 2 saja, wc umum permanen dan dermaga. Ini untuk kenyamanan pengunjung dan keselamatan pengunjung,” sebutnya. (maf/sir)

Read Previous

Pipa Bandara Tahap Pertama sudah 78 Persen, Tahap Kedua Tidak Jelas

Read Next

Pencuri Spesialis Burung Dibekuk saat Beraksi untuk ke- 12 Kali

Tinggalkan Balasan