oleh

Wisata Alam Karamo Makin Banyak Dikunjungi Wisatawan

TABALONG, KORANBANJAR.NET – Upaya percepatan perhutanan sosial yang diinstruksikan Kadishut Provinsi Kalsel, DR. Hanif Faisol Nurofiq, S.Hut, MP di seluruh Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Provinsi Kalimantan Selatan mulai membuahkan hasil. Hal tersebut dapat dilihat di KPH Tabalong, dimana Wisata Alam Karamo sudah banyak dikunjungi para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Wisata alam Karamo merupakan wisata alam yang terletak di Desa Taratau, Kecamatan Muara Uya, Kabupaten Tabalong. Wisata alam tersebut menyajikan pemandangan yang memukau akan keindahan alamnya dilihat dari puncak Gunung Karamo dan juga petualangan susur sungai Muara Uya.

Salah satu Kelompok Tani Hutan (KTH) yang ada di wilayah KPH Tabalong, KTH Karamo Bersinar merupakan KTH yang diberikan hak atau izin pengelolaan hutan dengan Pola Kemitraan Kehutanan (Perhutanan Sosial) dan telah melakukan penandatangan Nota Kerjasama Kemitraan (NKK) dengan KPH Tabalong untuk mengelola Jasa Lingkungan Wisata Alam di Desa Taratau melalui RPH Muara Uya dari KPH Tabalong seluas 150 Ha.

Untuk mendukung hal tersebut diatas, KPH Tabalong memfasilitasi pelatihan water rescue atau penyelamatan di air yang diikuti oleh 3 KTH yaitu KTH Karamo Bersinar, KTH Telaga Bidadari dan KTH Watu Marung yang bergerak di jasa lingkungan dengan total peserta sejumlah 20 orang. Materi dan praktek lapangan diberikan oleh anggota Basarnas Koordinator Wilayah Tabalong.(hmsdishutkalsel/ana)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: