Webinar Literasi Digital Kota Banjarbaru, Apa yang Kita Punya, Itu yang Kita Sebarkan

  • Bagikan

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggelar Webinar Literasi Digital Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan dengan tema “Persiapkan Diri Memasuki Ruang Digital,” Sabtu (7/8/2021) pagi.

BANJARBARU, koranbanjar.net – Kecakapan digital harus ditingkatkan dalam masyarakat agar mampu menampilkan konten kreatif mendidik yang menyejukkan dan menyerukan perdamaian.

Tantangan di ruang digital semakin besar, seperti konten-konten negatif, kejahatan penipuan daring, perjudian, eksploitasi seksual pada anak, ujaran kebencian, radikalisme berbasis digital.

Kegiatan webinar yang dipandu Shabrina Anwari menampilkan sejumlah pembicara yang berkompeten.

BACA:  Sekelompok Remaja Ketahuan Minum Miras, Satpol PP Bertindak!

Dengan menghadirkan bintang tamu yang tak kalah seru, yakni Poppy Sovia seorang aktris multitalenta yang akan membahas mengenai Etika Digital.

Dalam materi pembahasannya ia menerangkan di dunia digital ini, banyak sekali menemukan kolom komentar yang bermacam-macam bahkan hingga dapat menyakitkan hati seseorang apabila tak disikapi dengan baik.

“Netizen ini banyak sifatnya bermacam-macam ada yang sopan, ada memuji, bahkan ada juga mencibir,” ucapnya pada webinar pagi hari ini.

Kemudian di tengah-tengah pembahasannya ia mengaku saat ini sedang merasa kecanduan dengan gadgetnya.

BACA:  Dua Pelaku Pembuangan Bayi di Kotabaru Ditangkap, Akui Malu hingga Takut Dimarahi Keluarga

“Saat ini saya merasa waktu saya habis dikarenakan sering memegang handphone terutama di instagram, sangking keasikkannya saya di fitur terbaru instagram yakni reels. Dari fitur ini saya sampai bisa menghabiskan waktu saya yang tadinya harus mandi dan mengurus anak jadi tak terhendel sebab keasikan bermain sosial media,” bebernya.

Namun dalam pokok pembahasannya, Poppy menyampaikan bahwa dirinya sering mendapati komentar yang tak mengenakkan.

Seperti komentar netizen yang awalnya memuji tetapi dengan kata kebun binatang.

BACA:  Sopir Banjarbaru Akui Terbantu Adanya Program Angkutan Umum Gratis

“Dia memuji tapi awalnya ada pake kata kebun binatang, saya shock membacanya,” jelasnya.

Kendati begitu dalam menanggapi komentar yang tak senonoh dirinya lebih tak menggubris kolom komentar seperti itu, ia mensiasati dengan cara memghapus komentar tersebut demi kenyamanannya.

Diakhir webinar Poppy menyampaikan quotes yang tak kalah menarik, ia menerangkan quote ini dari kang Maman.

“Kita sebagai manusia akan memberi apa yang kita punya, apabila kita punya kedamaian kita akan menebarkan kedamaian dan sebaliknya,” pungkasnya. (mj-40/dya)

(Visited 9 times, 1 visits today)
  • Bagikan
(Visited 9 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *