Kombes Pol. Dr. Faizal Ramdhani, S.Sos,. S.I.K,. MH

Webinar Literasi Digital Kabupaten Tanah Laut; Menjaga dan Mempersiapkan Diri dari Bahaya Internet

  • Bagikan
Webinar Literasi Digital Tanah Laut
Webinar Literasi Digital Tanah Laut

Kementerian Komunikasi dan Informatika mengadakan webinar bertema “Menjaga dan Mempersiapkan Diri dari Bahaya Internet” di Kabupaten Tanah Laut, Rabu (30/6/2021) pukul 14.00 Wita.

TALA, Koranbanjar.net – Acara dibuka Bupati Tanah Laut, Drs H Sukamta ini menampilkan sejumlah pembicara kompeten.

Dalam diskusi ini dipandu oleh moderator Ronald Andretti yang menghadirkan narasumber pertama yaitu Budi Dalton yang menyampaikan materi tentang “Budaya Digital”

“Memahami dan mengetahui arti budaya yang membentuk kebudayaan suatu bangsa merupakan langkah awal. Indonesia sebagai negara yang memiliki beragam corak kebudayaan yang berbeda dari sabang sampai merauke, keberagaman corak budaya merupakan suatu kebanggaan tersendiri yang patut dilestarikan dan diwariskan kepada generasi penerima sehingga keberadaannya bisa dipertahankan. Jangan sampai kebudayaan Indonesia, justru diakui oleh negara lain hanya karena ketidaktahuan dan ketidakpedulian pada warisan budaya Indonesia,” tuturnya

Ia juga menambahkan “Berbagai cara sudah ditempuh untuk mensosialisasikan kebudayaan nusantara dalam media konvensional seperti majalah, buku dan bahkan artikel. Generasi yang telah hidup dalam kelimpahan dunia teknologi media digital merupakan sasaran pewarisan berikutnya. Jadi alangkah baiknya jika langkah besar mulai diambil untuk lebih fokus dalam penyebaran budaya serta mewariskannya sejalan perkembangan zaman dan tentu saja tanpa menghilangkan identitas bangsa,”

Kemudian dilanjutkan oleh narasumber, Cahyo Dwi Saputra yang menyampaikan materi tentang “Digital Safety”

Apa itu phising?

Ia memaparkan, phising adalah upaya untuk mendapatkan informasi data seseorang dengan teknik pengelabuan. Data yang menjadi sasaran phising adalah data pribadi (nama, usia, alamat), data akun (username dan password), dan data finansial (informasi kartu kredit, rekening).

Tips agar tidak menjadi korban phising, yaitu;

1. Selalu update informasi terkait phising

2. Selalu cek siapa pengirim email

3. Jangan asal klik link yg diterima

4. Pastikan keamanan website yg diakses

5. Gunakan browser versi terbaru

6. Waspada ketika dimintai data pribadi

7. Cek akun online anda secara rutin

8. Gunakan two factor authentication

9. Lakukan scan malware secara berkala

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *