Kombes Pol. Dr. Faizal Ramdhani, S.Sos,. S.I.K,. MH

Webinar Literasi Digital Kabupaten Hulu Sungai Selatan; Menjadi Masyarakat Cerdas dan Cakap Digital

  • Bagikan
Webinar Literasi Digital Hulu Sungai Selatan
Webinar Literasi Digital Hulu Sungai Selatan

Kementerian Komunikasi dan Informatika mengadakan webinar dengan tema “Menjadi Masyarakat Cerdas dan Cakap Digital” di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Selasa (02/11/2021) pukul 10.00 Wita.

HSS, Koranbanjar.net – Acara dibuka oleh Bupati Hulu Sungai Selatan, H Achmad Fikry dan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan B Sc ini menampilkan sejumlah pembicara kompeten.

Dalam diskusi ini dipandu oleh moderator Ovi Darin yang menghadirkan narasumber pertama yakni, Prihatin Kusdini dengan materi tentang “Mengenal Lebih Jauh tentang UU ITE Terkait Perlindungan Data Pribadi”.

Mengapa data pribadi perlu perlindungan?

Ia memaparkan, tersimpan di dalam data center terdiri dari data biografi, foto profil, total pengikut, pengaturan lokasi dan alamat jika ini terekspos maka hal ini adalah pelanggaran. Menjadi pengguna media sosial harus ada persyaratan layanan saat mengisi data akun agar tetap terjaga kerahasiaannya.

Narasumber kedua, Dr Taufik Hidayat yang membahas materi tentang “Kesehatan Mental dan Teknologi Informasi di Masa Adaptasi”

“Canggihnya teknologi di era saat ini membuat para penggunanya harus bisa beradaptasi dan menjaga kesehatan mentalnya karena banyak kasus seperti bullying yang terjadi mengakibatkan mental seseorang menjadi tidak sehat serta menimbulkan trauma pada orang tersebut. Cara mencegahnya kurangi mengeskpos diri sendiri ke media sosial agar kesehatan mental tetap terjaga,” pungkasnya

Narasumber ketiga yaitu Bella Putri yang sekaligus Key Opinion Leader dalam acara ini menjelaskan materi tentang “Kecakapan Digital”

“Ada lima basic dalam digital skill, yakni writing, reseaeching, SEO copywritring, photographing and video graphing, editing. Kita bisa melakukan keguatan positif di media sosial dengan membuat konten yang bermanfaat bagi para pengikut media sosial kita. Agar orang tertarik dengan akun kita. maka buatlah sesuatu yang menarik serta buat highlight di instagram dan selalu aktif dalam membuat konten,” jelasnya

Terakhir, narasumber Hikmah yang meyampaikan materi tentang “Dampak Penyebaran Berita Hoax”

“Hoax merupakan berita bohong, ciri-cirinya seperti sumber berita yang didapat tidak jelas. Hal ini dapat berdampak pada kesehatan mental, kepanikan publik, adanya manipulasi, dan mengganggu perekonomian. Kita dapat menangkal berita hoax dengan itropeksi, lakukan cek dan ricek sebelum menyebarkan berita,” pungkasnya. (lala)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *