Wawali Banjarbaru: Bangun Semangat Kebersamaan dan Toleransi Umat Beragama

Wakil Wali (Wawali) Kota Banjarbaru, Wartono menghadiri sekaligus membuka acara Sosialisasi Moderasi Beragama, Toleransi dan Kerukunan Umat Beragama pada Kalangan Ormas dan Lembaga Pendidikan oleh Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama Kota Banjarbaru, di Aula Linggangan Intan DPRD Kota Banjarbaru, Kamis (1/7/2021).

BANJARBARU, koranbanjar.net – Ia meminta, agar masyarakat bisa membangun semangat kebersamaan dan toleransi umat beragama.

“Semoga pertemuan kita ini dapat membawa rahmat dan berkah dari Allah, dengan semakin eratnya jalinan kerukunan dan persatuan antar umat beragama di daerah kita ini,” ucapnya.

Wartono berharap, mssyarakat dapat menyamakan persepsi dalam membangun semangat kebersamaan dan toleransi, serta mendorong komunikasi dan interaksi dalam forum ini.

Berbagai masalah keamanan, konflik sosial, radikalisasi sampai terorisme seharusnya tidak perlu terjadi di tengah masyarakat bila tumbuh rasa saling menghormati dan toleransi.

Masalah stabilitas keamanan dan ketertiban tentunya menjadi tanggung jawab kita bersama. “Siapa lagi yang akan menjaganya, kalau tidak kita sendiri yang menciptakannya,” lanjutnya.

Ia meyakini, para peserta dapat menjadi teladan dalam meningkatkan kualitas toleransi dan kerukunan umat beragama di lingkungan masing-masing. Sehingga daerah ni selalu aman, tenang, dan nyaman bagi semua orang.

Ketua Panitia Pelaksana, Aride menyampaikan, tujuan sosialisasi ini untuk memberikan pengetahuan atau wawasan kepada para peserta, dalam hal moderasi beragama dan arti pentingnya toleransi beragama, serta pentingnya kita umat beragama untuk saling menjaga kerukunan.

Kegiatan ini dilaksanakan selama sehari dan peserta sejumlah 40 orang, yang terdiri dari Pengurus FKUB Kota Banjarbaru, Majelis Ulama, Nahdatul Ulama, Muhammadiyah, KNPI, LDII, Kristen,Khatolik, Hindu, Budha, Pokjawas, Pokjaluh, Penyuluh Agama, Kelompok Kerja RA.

Adapun MI, MTS, MA, Rumah Tahfidz Qur’an, Anshor, Muslimat, Aisyiah, Fatayat, Dewan Masjid, BKPRMI, Ikatan Persaudaraan Haji, Madin serta Ponpes Al Falah Putra. (MJ-37/YKW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *