DaerahKab Kotabaru

Warga Labuanmas Usung Paman Birin ke Pinggir Pantai

KOTABARU, KORANBANJAR.NET – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor atau akrab disapa Paman Birin, diusung dan diarak warga Desa Labuanmas, Kecamatan Pulau Laut Selatan, Kabupaten Kotabaru, menuju ke pinggir pantai.

Bersama Paman Birin, warga juga mengusung dan mengarak Bupati Kotabaru, Sayed Jafar  ke pinggir pantai yang merupakanmenuju lokasi pelaksanaan pesta adat Mapandretasi, Selasa (26/3).

Hal tersebut dilakukan warga setempat sebagai bentuk penghormatan terhadap kepala daerah dan sekaligus ucapan terima kasih karena telah menyempatkan menghadiri acara tersebut.

(foto: icah/koranbanjar.net)

Paman Birin sendiri sangat antusias mengikuti acara tersebut, karena menurutnya, Mapandretasi merupakan kekayaan budaya yang harus dilestarikan.

“Pesta adat ini sebagai perwujudan rasa syukur. Karena itu, harus dilestarikan dalam rangka menjaga kebersamaan,” ujarnya.

Selain itu, katanya, melalui penyelenggaraan pesta adat Mapandretasi, diharapkan dapat menarik minat dan kunjungan wisatawan.

“Acara seperti ini sangat bagus karena memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri yang dapat menarik minat wisatawan untuk datang menyaksikan,” katanya.

Paman Birin secara pribadi menyampaikan kekagumannya kepada warga Desa Labuanmas yang telah berhasil menyelenggarakan pesta adat tersebut.

“Meskipun Labuanmas lokasinya sangat jauh dari ibu kota provinsi, tetapi saya senang dan semangat untuk dapat berhadir menyaksikan acara ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Labuanmas, Duriansyah mengatakan, pesta adat Mapandretasi dapat terlaksana atas kerja sama dan kekompakan warga setempat.

“Semua dikerjakan secara bersama, mulai dari persiapan, peralatan dan perlengkapan hingga penggalagan dana dan pelaksanaan,” katanya.

Mapandretasi sendiri merupakan ritual adat yang rutin dilaksanakan warga Desa Labuanmas sebagai perwujudan rasa syukur dan permohonan perlindungan kepada Tuhan, agar diberikan keselamatan kepada para nelayan saat mencari ikan dilaut.

Selain dihadiri Gubernur Kalsel dan Bupati Kotabaru, acara tersebut juga dihadiri Dandim 1004 Kotabaru, Letkol Inf Rony Fitrianto, Danlanal Kotabaru, Letkol Laut (E) Joko Andriyanto, Camat Pulau Laut Selatan, Muhammad Yusuf,  Forkompimda Provinsi dan Forkompimda Kabupaten, para Kelapa SKPD setempat serta tamu undangan lainnya. (cah/ndi)

Tags

Tinggalkan Balasan

Close