Baznas

Warga Desa Gedambaan kembali melaksanakan Upacara Adat Macceretasi

  • Bagikan

KOTABARU, koranbanjar.net – Warga Desa Gedambaan kembali melaksanakan upacara adat Macceretasi di Desa Gedambaan RT 2 Kilometer 12 Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru, Senin (12/3).

Upacara adat Macceratasi yang dilakukan setiap tahun ini merupakan ritual adat menumpahkan darah hewan ke laut sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas berkah penghidupan yang diberikan dari laut.

Prosesi ritual adat ini pun dihadiri oleh Wakil Bupati Kotabaru Burhanudin, Ketua Gerakan Organisasi Wanita Kotabaru Siti Mariani Burhanudin, Dinas Pariwisata Kotabaru, Kepala Desa Gedambaan Wardihang, sejumlah tokoh agama, tokoh adat, serta tokoh pemuda desa Gedambaan Kabupaten Kotabaru.

Menurut Kepala Desa Gedambaan, Wardihang, tujuan dilaksanakannya upacara adat ini selain sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang selalu memberikan hasil laut kepada umatnya, khususnya warga Desa Gedambaan, upacara adat Macceratasi ini juga secara tidak langsung dapat menarik wisatawan di daerah Kabupaten Kotabaru maupun diluar Kabupaten Kotabaru.

Sementara Wakil Bupati Kotabaru, Burhanudin mengatakan dalam sambutannya, upacara adat Macceratasi selalu dilaksanakan setiap tahunnya di beberapa daerah di Kabupaten Kotabaru, khususnya masyarakat yang bermukim di pesisir pantai yang berprofesi sebagai nelayan. “Kedepannya semoga acara ini lebih bagus dan lebih meriah lagi,” ujarnya sambil membuka upacara adat Macceratasi secara resmi. (dam/dny/iah)

  • Bagikan