Banjar  

Wabup Banjar Menghadiri Haul ke 13 KH Husni Mughni di Desa Murung Kenanga

Wabup Banjar Said Idrus Al Habsyi menghadiri pelaksanaan haul ke 14 almarhum KH Husin Mughni bin H Dahlan dan ke 3 almarhum KH Hasan Rusydi bin KH Husin Qodri berlangsung penuh khidmat dan syahdu, Rabu (17/1/2024) malam. (Sumber Foto: Kominfo Kabupaten Banjar/koranbanjar.net)

Wabup Banjar Said Idrus Al Habsyi menghadiri pelaksanaan haul ke 14 almarhum KH Husin Mughni bin H Dahlan dan ke 3 almarhum KH Hasan Rusydi bin KH Husin Qodri berlangsung penuh khidmat dan syahdu, Rabu (17/1/2024) malam.

BANJAR, koranbanjar.net – Haul tersebut dilaksanakan di Aula Madrasah Syafaatul Ikhwan,Tunggul Irang Seberang Desa Murung Kenanga Martapura.

Turut hadir para habaib, alim ulama, tokoh masyarakat serta ratusan  santri yang berbaur dengan jemaah lainnya.

Diawali dengan pembacaan Maulid Simtud Durar karangan Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi asal Seiwun Hadramaut, dilanjutkan dengan pembacaan hadits Isra Mi’raj oleh Guru Muhammad Naufal yang menambah keberkahan acara, tasmiah puteri dari Muhammad Soleh dan ditutup dengan tahlil dan doa.

Al Fadhil KH Husin Mughni lahir di Martapura pada tahun 1350 masehi. Menimba ilmu pendidikan di Madrasah Iqdamul Ulum Tunggul Irang Martapura dan melanjutkan ke Pondok Pesantren Darussalam Martapura.

Di sini, menuntut ilmu dari sejumlah tokoh ulama diatasnya KH Syarwani Abdan, KH Husin Qodri, KH Muhammad Seman Mulia serta KH Salman Jalil yang merupakan ayah dari KH Muhammad Wildan Salman.

Selanjutnya mendirikan Madrasah Syafaatul Ikhwan pada tahun 1977 dan wafat pada malam Selasa 2 Rajab 1431 Hijriah atau bertepatan 14 Juni 2010. Dimakamkan di belakang madrasah yang almarhum dirikan.

Sedangkan KH Hasan Rusydi merupakan ulama sesepuh yang mengabdikan hidupnya untuk mengajar di Pondok Pesantren Datuk Kelampaian Bangil Jawa Timur, juga putera dari tokoh ulama  Martapura KH Husin Qodri.

Wafat pada 20 Febuari 2021 dan dimakamkan bersebelahan dengan KH Husin Mughni. (dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *