oleh

Tumbuhkan Minat Baca Anak Melalui Lomba Bercerita

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar Hj Raudhatul Wardiyah mengatakan, lomba bercerita anak merupakan salah satu media untuk menumbuhkan dan mengembangkan minat baca anak-anak. Menurutnya lomba bercerita juga berguna menumbuhkan kecintaan terhadap karya budaya bangsa.

“Melalui bacaan dapat mengembangkan karakter, serta dapat mengangkat dan mempopulerkan buku-buku cerita budaya daerah yang mengandung nilai-nilai kepahlawanan,” ujar Raudhatul Wardiyah saat membuka Lomba Bercerita Tingkat Sekolah Dasar se-Kabupaten Banjar, yang dilaksanakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar, di Aula Mahligai Sultan Adam Martapura, Kamis (18/4/2019).

“Melalui lomba ini diharapkan anak-anak dapat menumbuhkan kegemaran membaca, dan juga menumbuhkan kecintaan akan budaya daerah dan nasional,” harapnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar Yasna Khairina mengatakan, lomba bercerita dilaksanakan selama satu hari itu diikuti oleh 13 Sekolah Dasar se-Kabupaten Banjar.

“Lomba bercerita ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya, dan tahun ini diikuti 13 sekolah dasar Kabupaten Banjar,” katanya.

Yasna menjelaskan lomba bercerita ini direncanakan akan dilaksanakan secara berjenjang, sehingga setelah dilaksanakan di tingkat masing-masing Kabupaten/Kota, pemenangnya akan mengikuti lomba bercerita di jenjang selanjutnya baik provinsi hingga nasional.

Ia menambahkan, kriteria penilaian lomba bercerita diantaranya adalah intonasi, mimik, serta pesan atau amanat dari cerita yang disampaikan. (fia/dra)

Komentar

Berita Terkini