Baznas

Tugboat Glovis Tenggelam di Tanjung Selatan Tanah Laut, SAR Lakukan Pencarian

  • Bagikan

TANAH LAUT – Sebuah tugboat berpenumpang 10 awak kapal diperkirakan tenggelam di sekitar perairan Tanjung Selatan, Kabupaten Tanah Laut, pada koordinat 04’06’48” S – 114′ 34′ 18″ E. Dengan adanya informasi itu, Tim Rescue Basarnas Banjarmasin bergerak cepat mendatangi lokasi untuk melakukan pencarian.

Berdasarkan informasi dari Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin, Iman Saputra melalui press releasenya yang dikirimkan ke redaksi koranbanjar.net, informasi kecelakaan diterima Stasiun Pandu Taboneo, Johar Arifin melalui  0511 4423328. Disebutkan, bahwa PD TW  02.14  11.55 H telah terjadi kecelakaan pelayaran Tugboat Glovis

Usai menerima laporan tersebut, H Tim Rescue Basarnas Banjarmasin berjumlah 11 orang langsung diberangkatkan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin, Mujiono, S.E, M.H, menuju kejadian.

Keberangkatan Tim Rescue langsung dipimpin Kepala Sub Seksi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Banjarmasin, sebagai Pengendali di LKP. Keberangkatan tim disertai dengan sarana dan peralatan 1 unit RIB, 1 Unit Rescue Strada, 1 GPS dan Peralatan SAR Pertolongan lain.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin, Mujiono, S.E, M.H menjelaskan, sesuai informasi posisi tongkang masih mengambang, semoga dari 10 POB tersebut ikut dalam tongkang. Jarak antara tugboat 4 nm tidak terlalu jauh dari daratan.

“Semoga saja korban tidak panik dan mereka  memenuhi standar keselamatan di TB,  seperti penggunaan life jacket , signal emergency dan lain-lain,” ucap Mujiono.

Adapun jarak LKP dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin, yakni jarak : 41.58 NM, kemudian radial : 190 derajat. Kemudian dari Dermaga SAR Basirih, jarak : 45.79 NM, sedangkan radial : 160 derajat. Berikutnya dari dermaga PPI Kotabaru, jarak : 107.20 NM dan radial : 240 derajat.(humas SAR/sir)

  • Bagikan