Kalsel  

TP PKK Kalsel Menggelar Sunatan Massal di Kotabaru

Hari ke-7 Ramadan 1445 Hijriah, TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan menggelar sunatan massal, pemberian paket sembako, dan bantuan untuk anak remaja, Senin (18/3/2024). (Sumber Foto: Adpim Setdaprov Kalsel/koranbanjar.net)

Hari ke-7 Ramadan 1445 Hijriah, TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan menggelar sunatan massal, pemberian paket sembako, dan bantuan untuk anak remaja, Senin (18/3/2024).

KOTABARU, koranbanjar.net – kegiatan dilaksanakan sebagai Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK dan Safari Ramadan, bertempat di Gedung Dojo Lemkari Kodim 1004/KTB di Kotabaru.

Aksi sosial ini dipimpin langsung Ketua TP PKK Kalsel Hj Raudatul Jannah Sahbirin Noor ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Provinsi Kalsel.

Turut hadir, Ketua TP PKK Kabupaten Kotabaru, Fatma Idiana dan jajarannya, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Kodim 1004/KTB, dan pejabat terkait lingkup Pemkab Kotabaru.

Hj. Raudatul Jannah menyebutkan, safari ramadan dijadwalkan berlangsung di 13 kabupaten kota secara bergiliran bersinergi dengan pemerintah kabupaten kota.

Tahun ini, dilakukan pada lima daerah yakni  setelah di Kabupaten Kotabaru, akan berlanjut ke Tabalong Rabu (27/03/2024), Hulu Sungai Selatan Kamis (28/03/2024), Barito Kuala pada Selasa (02/04/2024), dan diakhiri di Tanah Laut, (03/04/2024).

“Kegiatan ini merupakan wujud kasih sayang TP PKK terhadap  masyarakat Kalsel, termasuk masyarakat di Kabupaten Kotabaru,” ujarnya.

Bantuan yang diberikan berupa paket untuk kader PKK, untuk tumbuh kembang anak dalam rangka mewujudkan provinsi layak anak (provila) dan program kabupaten kota layak anak (KLA), ditambah paket untuk peserta sunatan gratis berupa sarung, peci dan makanan ringan dan susu.

“Terima kasih atas dukungan dinas terkait dan TP PKK Kabupaten Kotabaru yang memfasilitasi kegiatan sehingga bisa terselenggara dengan lancar,” ujar Raudatul Jannah.

Pada kesempatan itu, masyarakat Kotabaru diingatkan juga agar warga waspada DBD, apalagi saat ini tengah musim hujan yang berpotensi meluasnya perkembangan biakan nyamuk penyebab penyakit ini.

Pencegahan ujarnya dapat dilakukan dengan tindakan 3 M plus yakni Menguras tempat penampungan air,  Menutup tempat-tempat penampungan air.

Mendaur ulang berbagai barang yang memiliki potensi untuk dijadikan tempat berkembang biak nyamuk Aedes Aegypti yang membawa virus DBD pada manusia.

“Diperiksa juga jika ada jentik di genangan air, dan melakukan tindakan pencegahan seperti pemberian bubuk abate pada bak mandi dan lainnya,” pesan istri Gubernur Kalsel ini.

Sementara, Ketua TP PKK Kabupaten Kotabaru, Fatma Idiana menyampaikan terima kasih, yang menjadikan daerahnya sebagai kegiatan perdana Safari Ramadan TP PKK Kalsel tahun ini.

Kegiatan yang dilaksanakan ini ujarnya, merupakan wujud nyata kepedulian TP PKK Kalsel  kepada masyarakat Kabupaten Kotabaru yang membutuhkan perhatian bersama.

Selain itu, kegiatan juga merupakan momentum yang sangat baik untuk menjalin dan mempererat silaturrahmi antara pengurus  TP PKK provinsi dengan kabupaten.

“Tingkatkan terus kebersamaan dan kolaborasi di antara kita, serta untuk dapat memberikan energi positif dan semangat bagi kita dalam menjalankan tugas pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat,” ajaknya. (adpim/dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *