Batola  

TMAB di Batola Diresmikan Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Sediakan Air Bersih Untuk Masyarakat

Pj Bupati Batola Mujiyat mendampingi Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo melihat dan merasakan langsung air bersih dari program TMAB. (Foto : Ahmad Mubarak/koranbanjar.net)

Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo resmikan program Tentara Manunggal Air Bersih (TMAB) di Desa Puntik Dalam, Kecamatan Mandastana, Selasa (25/07/2023).

BATOLA, koranbanjar.net Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan penekanan sirene. Dan dilakukan serentak di seluruh Indonesia dengan vicon bersama Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo didampingi Pj Bupati Barito Kuala Mujiyat, Dandim 1005/Barito Kuala Letkol Inf Kadirman Gultom, Kapolres Barito Kuala AKBP Diaz Sasongko, dan seluruh masyarakat Desa Puntik dalam.

Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo mengatakan untuk peresmian kali ini dipusatkan di Batola. Dimana saat ini Kodam VI/Mulawarman sudah membuat 136 titik air bersih. 199 diantaranya berada di Kalsel.

“Program ini membuat masyarakat bisa merasakan air bersih. Terutama mereka yang di pelosok,” ujarnya.

Budi menambahkan air merupakan sumber kehidupan. Sehingga program ini difokuskan untuk mensejahterakan masyarakat. Serta menekan angka stunting.

“Dengan adanya air bersih stunting bisa di tekan,” ujarnya.

Berkaitan dengan stunting ini, Kepala DPPKBP3A Barito Kuala, Harliani mengatakan di Mandastana hanya ada 3 stunting. Saat ini sudah dilakukan intervensi berupa pemberian susu.

“Saat ini stunting di Batola sudah mengalami penurunan,” ujarnya sembari mengatakan sangat terbantu dengan adanya program TMAB ini.

Sementara itu, Dandim 1005/Barito Kuala Letkol Inf Kadirman Gultom, mengatakan sudah ada 12 titik air bersih dari program TMAB di Batola. Tersebar di 11 Koramil yang ada.

Dirinya mengatakan program ini akan terus berlanjut. Tidak hanya itu, program lainnya yang bertujuan untuk kesejajaran masyarakat juga akan digalakkan. Tentunya tidak terlepas dari kerjasama dengan Pemkab Batola.

“Semoga Pemkab selalu bisa mendukung kita. Ke depannya akan terus berlanjut,” ujarnya.

(max/rth)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *