Titik Hotspot Di Tabalong Mengalami Penurunan

oleh -92 views
Titik Hotspot Di Tabalong Mengalami Penurunan
Titik hotspot di wilayah Tabalong dan masih dalam pengawasan oleh tim BPBD. (foto: ist/ koranbanjar.net)

TANJUNG, koranbanjar.net – Setiap tahun kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di Indonesia, termasuk di wilayah Tabalong yang saat ini masih ada ditemukan titik hotspot di beberapa daerah tertentu.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tabalong menyatakan, titik spot panas tanda kebakaran hutan atau lahan muncul di tiga titik yaitu di Kecamatan Muara Uya, Bintang Ara, Upau.

Dalam bulan terakhir ini titik hotspot sering terjadi di Kecamatan Muara Uya, Bintang Ara dan Pugaan.

“Untuk titik hotspot bulan ini ada di Kecamatan Muara Uya, Bintang Ara, Pugaan. Namun untuk saat ini titik hotspot mengarah di Kecamatan Muara Uya, Bintang Ara dan Upau. Kalau yang lain, titik api biasanya kita dapat informasi dari masyarakat setempat,” ujar Yurdi dari Tim Reaksi Cepat BPBD Tabalong.

Saat ini di wilayah Tabalong mengenai kabut asap yang sempat mengganggu aktivitas penduduk setempat, akhirnya mengalami penurunan kabut asap. Sebab, beberapa tempat sempat terjadi hujan di wilayah Tabalong.

“Alhamdulillah kabut asap di Tabalong sudah sangat berkurang dikarenakan ada beberapa kali hujan di wilayah Tabalong. Kalau ada kabut asap, itu paling cuma kiriman dari tempat lain,” sambungnya.

Untuk Kecamatan Jaro juga kadang ditemukan titik hotspot, ada sering terjadi titik hotspot api wilayah Selatan, Utara dan Tengah, sebagaimana informasi dari masyarakat setempat.

“Hotspot yang ada di Kecamatan Muara Uya itu ada 68% yang terbakar lumayan luas,” katanya kepada koranbanjar.net, Senin (23/9/2019) tadi. (mj-26/dya)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan