Tingkatkan Pelayanan, RSUD Ratu Zalecha Beli Alkes Rp5 Miliyar

MARTAPURA,Koranbanjar.net-Rumah Sakit Umum Daerah Ratu Zalecha Martapura terus berkomitmen dalam upaya meningkatkan pelayanan prima terhadap masyarakat. Khususnya bagi pasien yang mendapat perawatan di rumah sakit, berbagai upaya secara terpadu telah dilakukan dengan berorientasi pada perwujudan komitmen secara berkesinambungan.

Plt Direktur Utama RSUD Ratu Zalecha Martapura, Eko Subiyanto kepada koranbanjar mengatakan, pada Kamis (26/04) di Ruang Kerjanya, Peningkatan mutu pelayanan rumah sakit diantaranya dengan menambah dan peningkatan jenis pelayanan kesehatan, peralatan kesehatan dengan teknologi modern, pengembangan sistem komputer terpadu untuk memenuhi klasifikasi rumah sakit kelas B yang selama ini telah menjadi Rumah Sakit Regional 2 yang meliputi Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru, Kabupaten Tapin, Tanah Laut, Berdasarkan peraturan Gubernur Kalimantan Selatan Nomor 054 Tahun 2013 tentang sistem Rujukan Pelayanan Kesehatan di Provinsi Kalimantan Selatan.

RSUD Ratu Zalecha telah menambahkan pelayanan baru yaitu CT-Scan, Endoscopy dan Bronkospi, dengan penambahan tersebut diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan dan juga akan berdampak pada meningkatnya jumlah kunjungan pasien ke RSUD Ratu Zalecha Martapura dan dapat meningkatkan kepuasan pasien baik Pasien Rawat jalan, Rawat Inap dan instalasi Gawat Darurat.

“selama ini pasien selalu dirujuk atau dilakukan pemeriksaan tersebut ke rumah sakit lain, karena RSUD Ratu Zalecha tidak memiliki CT-Scan, Endoscopy dan Bronkoskopi, dengan adanya tambahan alat tersebut akan semakin menunjang pelayanan rumah sakit sehingga kita tidak perlu merujuk pasien ke rumah sakit lain lagi,” jelasnya.

Ditambahkannya, RSUD Ratu Zalecha juga terus berupaya dalam hal peningkatan atau pengembangan professional seluruh jajaran personal dengan memberikan pelatihan kepada tenaga medis dan kesehatan di rumah sakit.

“Untuk menyesuaikan kompetensi guna memenuhi standar akreditasi serta menunjang penggunaan peralatan kesehatan yang canggih dan bertechnologi tinggi,” ujarnya.

Dipastikannya, pihaknya juga berkomitmen untuk terus mengupayakan peningkatan mutu rumah sakit, tentunya itu semua terwujud dengan dukungan pemerintah daerah Kabupaten Banjar dan Provinsi Kalimantan Selatan. Sementara peralatan canggih itu didatangkan atau dibeli langsung dari Jerman yang menelan biaya tidak sedikit.

“barang ini kita datangkan dari Jerman, dan untuk nilainya sekitar Rp5 Milliar,”pungkasnya (sai/pri)