Tim Penilai Peningkatan Kualitas Keluarga Daerah Kunjungi Tanah Bumbu

Tim Penilai Peningkatan Kualitas Keluarga Daerah (TPK2D) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) kunjungi Kabupaten Tanah Bumbu, Rabu (9/11/2022). (Sumber Foto: Kominfo Kabupaten Tanah Bumbu/Koranbanjar.net)
Tim Penilai Peningkatan Kualitas Keluarga Daerah (TPK2D) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) kunjungi Kabupaten Tanah Bumbu, Rabu (9/11/2022). (Sumber Foto: Kominfo Kabupaten Tanah Bumbu/Koranbanjar.net)

Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) mendapatkan kunjungan dari Tim Penilai Peningkatan Kualitas Keluarga Daerah (TPK2D) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu (9/11/2022). 

TANAHBUMBU, koranbanjar.net Kunjungan Tim TPK2D Provinsi Kalsel bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Tanbu, lakukan pendampingan Penilaian Peningkatan Kualitas Keluarga di desa kokus binaan TPK2D Tanah Bumbu Tahun 2022.

Kunjungan dipusatkan di desa lokus binaan yaitu di Desa Emil Baru Kecamatan Mantewe.

Evaluasi ini bertujuan untuk melihat kondisi kualitas keluarga dan indeks ketahanan keluarga di desa, juga untuk mengetahui seberapa jauh permasalahan ditindaklanjuti oleh TPK2D Tanbu, setelah diadakan rapat pertemuan koordinasi di tingkat provinsi.

Kepala DP3AP2KB Tanbu, Narni menjelaskan, Dasar Hukum Pembangunan Ketahanan Keluarga, adalah Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak RI Nomor 6 Tahun 2013 Tentang Pelaksanaan Pembangunan Keluarga.

Sedangkan tentang Tata Cara Peningkatan Kualitas Keluarga diatur dalam Dimensi dan Peraturan Gubernur Kalsel Nomor 100 Tahun 2019.

Variabel pengukuran tingkat ketahanan keluarga yang dinilai ada 5 dimensi yaitu Landasan legalitas keutuhan keluarga dan kemitraan, ketahanan fisik, ketahanan ekonomi, ketahanan sosial psikologi dan ketahanan sosial budaya.

“Lima dimensi ini diukur melalui 24 indikator. Ada 20 SKPD dan organisasi yang terlibat di dalam pembinaan di Desa Emil Baru, untuk mencapai ketahanan keluarga di masing-masing dimensi,” terang Narni.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Prov Kalsel, Adi Santoso memberikan edukasi kepada warga di Desa Email Baru terkait isi ke-5 dimensi, salah satunya dari program keluarga adalah kelengkapan surat-surat nikah dan kelengkapan data anak.

“Ini adalah program dari beberapa hal yang diterangkan, semoga kemanfaatannya bisa dirasakan masyarakat,” katanya.

Desa Emil Baru Kecamatan Mentewe, merupakan salah satu desa tertua dan terpencil di kawasan Tanbu yang diharapkan kemajuannya.

Bupati Tanbu, HM Zairullah Azhar diwakili oleh Asisten Administrasi Umum, Andi Aminuddin menyampaikan atas nama Pemerintah Daerah telah menyambut baik kedatangan Tim TPK2D Prov Kalsel di Bumi Bersujud.

Sebagaimana diketahui bersama, dalam rangka tindaklanjut dan perkembangan hasil pelaksanaan Peningkatan Kualitas Keluarga di Desa, Pemerintah Provinsi melaksanakan kegiatan penilaian kualitas keluarga di 13 kabupaten/kota, termasuk salah satunya Desa Emil Baru Kecamatan Mantewe di Kabupaten Tanbu.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, dapat menjadi terobosan yang bisa didukung bersama-sama, dalam upaya meningkatkan kualitas serta kesejahteraan keluarga di desa,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan, Asisten Administrasi Umum, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kalsel, Kepala DP3AP2KB Tanbu, Kepala Dinas Sosial Tanbu, Ketua GOW, Tim Evalusi Peningkatan Kualitas Keluarga Daerah Kalsel, Camat dan Kepala Desa Emil Baru beserta tamu undangan. (dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *