Tim Kesehatan HST Keliling Bantu Warga Terdampak Banjir Bandang

oleh -136 views
Tim kesehatan memeriksa warga Barabai, Kabupaten HST. (Sumber foto : Nuha/koranbanjar.net)
Tim kesehatan memeriksa warga Barabai, Kabupaten HST. (Sumber foto : Nuha/koranbanjar.net)

Tim kesehatan HST (Hulu Sungai Tengah) dari Dinas Kesehatan HST melalui Puskesmas setempat keliling pemeriksaan kesehatan warga pasca bencana banjir bandang beberapa waktu lalu.

HULUSUNGAITENGAH, koranbanjar.net – Sejumlah masyarakat banyak mengeluhkan penyakit kulit seperti gatal-gatal dan lecet pada bagian kaki akibat terlalu lama berada di dalam air.

Tim kesehatan juga memeriksa bayi, balita, ibu hamil, dan lansia di beberapa lokasi yang telah ditentukan. Salah satunya yakni di kawasan Barabai Barat, Kabupaten HST.

Menerapkan protokol kesehatan, warga secara bergiliran mendatangi posko kesehatan untuk memeriksa keluhan yang disampaikannya.

Petugas Puskesmas Durian Gantang, Muhammad Ridha Asyidiqi menuturkan, dari hasil pemeriksaan medis didapat sejumlah keluhan warga.

“Banyak yang terkena gatal-gatal, kemudian saat kami periksa ada sebagian darah tinggi, dan kekurangan cairan,” katanya.

Setelah memeriksa warga, tim kesehatan kemudian memberikan obat sesuai keluhan dari hasil pemeriksaan yang dilakukan.

Muhammad Ridha menjelaskan, petugas kesehatan dari masing-masing Puskesmas di wilayah Kabupaten HST terus jemput bola untuk membantu warga.

“Setiap hari kami tetap hadir membantu masyarakat, hanya saja posisi kita tidak menetap,” pungkasnya. (mj-030/dya)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan